Simulasi Tanggap Bencana, Anak SD Wajib Mengerti

Simulasi Tanggap Bencana, Anak SD Wajib Mengerti
Foto: Anak SDN 4
Spread the love

BANYUWANGI – PT Bumi Suksesindo (BSI) bersama Universitas Negeri Jember (Unej) dan Koordinator wilayah kerja satuan pendidikan (Korwilkersatdik) menyelenggarakan simulasi tanggap bencana di SDN 4 dan SDN 8 Sumberagung Kecamatan Pesanggaran. Minggu (17/11/2019).

Simulasi yang digelar pada hari Sabtu (16/11) kemarin, merupakan bagian dari program pengembangan sadar bencana bagi anak didik di sekolah dasar.

Zetti Final, PGSD FKIP Unej Jember menjelaskan kegiatan tersebut adalah pengenalan materi soal tanggap bencana dan bagaimana melakukan simulasi.

“Kita lakukan materi simulasi dan edu-game. Karena sasarannya anak – anak kita siapkan materi yang sesuai dengan mereka, seperti bahasa anak-anak.” jelasnya.

Program sadar bencana di sekolah dasar merupakan sebuah program yang menyasar anak – anak.

Tujuannya agar mereka memiliki kecakapan dalam merespon bencana melalui pengorganisasian dan langkah tepat guna dan berdaya guna.

Tidak hanya para siswa yang mendapat pelatihan, kepala sekolah dan para guru selaku pembina di masing-masing sekolah juga dibekali materi kebencanaan.

Pelatihan untuk para guru telah kami laksanakan dua minggu yang lalu,” kata Zetti Final

Sementara itu, pihak sekolah menilai program sadar bencana ini sangat tepat dilaksanakan di lembaganya.

Seperti yang diutarakan Suratno (plt) Kepala SDN 4 Sumberagung, pihaknya berkepentingan untuk menjaga keselamatan dan kemanan warga sekitar sekolah.

“Sekolah kami berada persis di bibir pantai dan lempeng Asia-Australia, maka kita wajib mengerti cara evakuasi sepeti simulasi tanggap bencana ini.” ujar Suratno.

Selain kepada anak – anak disekolah kami simulasi tanggap bencana tersebut akan disampaikan kepada wali murid.

“Kami akan sampaikan tanggap bencana ini pada wali murid saat pertemuan nanti.” Ucap Suratno. (Rny).

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan