Bupati Banyuwangi Segera Rampungkan Jalan Pulau Merah – Pancer, Sepanjang 3.85 Km.

Bupati Banyuwangi Segera Rampungkan Jalan Pulau Merah – Pancer, Sepanjang 3.85 Km.
Foto: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Direktur PT BSI bersama Forpimka Pesanggaran. Dokument (PT BSI)
Spread the love

BANYUWANGI – Peresmian pembangunan jalan sepanjang 3.85 Km, Pancer menuju Pulau merah diresmikan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada Sabtu (03/01) kemarin. Sabtu (04/01/2020).

Acara peresmian tersebut dilaksanakan dilapangan Pancer. Bertempat di Dusun Pancer Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran. Banyuwangi.

Proyek pengaspalan jalan sepanjang 3.85 Km dengan lebar 6 meter itu merupakan proyek bersama, antara PT Bumi Suksesindo dengan Pemerintah Daerah Banyuwangi.

Dalam sambutan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa, mempercepat pembangunan daerah harus membuka pintu investasi.

“Saat ini sudah tidak jamannya kepala daerah menghalangi investasi didaerahnya, investasi juga membutuhkan situasi dan kondisi masyarakat yang kondusif.” Ucapnya.

Bupati juga menyebut potensi wisata pantai Mustika sangat indah, menurutnya untuk memaksimalkan potensi tersebut, harus didukung infrastruktur yang memadai agar bisa menarik kunjungan wisatawan.

Tidak hanya bicara jalan, Anas juga mengajak warga Pancer untuk menjaga kebersihan agar wisatawan nyaman. Dia juga mencontohkan daerah lain yang memiliki kesadaran hidup bersih seperti di Jepang.

“Di Jepang tidak ditemui tempat sampah di ruang publik karena warganya menaruh sampah di sakunya. Mari kita mencontoh mereka agar wisatawan senang datang ke pantai Mustika Pancer,” imbuhnya.

Sementara, Direktur PT Bumi Suksesindo (BSI), Cahyono Seto mengatakan bahwa pembangunan jalan Pancer – Pulau Merah merupakan tahap kedua dari tiga tahap.

Pembangunan jalan dimulai dari pertigaan Lowi, Dusun Silirbaru hingga Dusun Pancer. Proyek itu merupakan proyek bersama antara PT Bumi Suksesindo (BSI) dan Pemda Banyuwangi.

Proyek pembangunan jalan utama Desa Sumberagung itu sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Banyuwangi khususnya Pesanggaran.

Proyek ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mewujudkan infrastruktur publik yang memadai untuk masyarakat, khususnya Pesanggaran.” jelasnya.

Selain Pemda Banyuwangi, proyek ini juga melibatkan institusi-institusi lain di Banyuwangi, seperti Poliwangi dan PT Pradnya Paramita sebagai konsultan dan PT Griyatama Graha Mandiri sebagai pelaksana proyek.

“Selain itu, proyek ini juga melibatkan tenaga kerja lokal Pesanggaran. Kami mengapresiasi keterlibatan potensi lokal dalam proyek ini,” terang Seto.

Tahap pertama pembangunan infrastruktur jalan, yakni ruas pertigaan Lowi-Mbah Dugel (dekat Pos 1 PT BSI), sepanjang 3,8 km dengan lebar 6 m, sudah selesai dan diserahterimakan ke Pemda. Sedang pembangunan tahap tiga, yaitu ruas Pulau Merah-Rowo Jambe, sepanjang 1,8 km dengan lebar 6 meter, segera dilaksanakan setelah tahap dua ini dirampungkan.” Tambahnya.

Melengkapi infrastruktur jalan , PT Bumi Suksesindo (BSI) juga akan melebarkan Pertigaan Lowi sepanjang 4,5 m dan memperbaiki saluran air, bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan.

Total biaya yang dialokasikan untuk tahap dua dan tiga, serta pelebaran dan perbaikan saluran di Pertigaan Lowi kurang lebih menghabiskan dana Rp 14 milyar. (Rny/tim).

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan