oleh

Forpimka Songgon Memantau Perkembangan Situasi Gunung Api Raung

BANYUWANGI – Forpimka Songgon, Banyuwangi memantau perkembangan situasi terkait naiknya status gunung api Raung dari level I (Normal) ke level II (Waspada ) Jumat (22/1/2021).

Hadir dalam kegiatan Pemantauan gunung api raung, Kapolsek, Iptu.Eko Darmawan, SH, Danramil
Kapt. Arh Surahman dan Anggota, Kepala pos pantau Gunung Raung Mukijo, Sekdes Desa Sumberarum, Slamet Ali Muhaidori dan Perangkat desa juga Satpol PP.

IMG-20210122-WA0077

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Arman Asmara Syarifuddin melalui Kapolsek Songgon Iptu Eko Darmawan mengatakan telah dilaksanakan Pemantauan situasi terkait meningkatnya status Gunung Api Raung dari Level I ( Normal ) ke Level II ( Waspada ) di Pos pantau Gunung api Raung Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Sedangkan langkah- langkah yang dilakukan berkordinasi Dengan Kepala Pos Pantau Gunung Raung yang ada di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum tersebut untuk mengetahui perkembangan aktifitas Gunung api Raung.

Di saat giat pemantuan gunung api Raung memberikan himbauan kepada Masyarakat sekitar Gunung api Raung, untuk tetap tenang dan jangan panik.

IMG-20210122-WA0076

Disamping itu para petugas telah memberikan masker kepada masyarakat sekitar karena masih dalam masa pandemi Covid 19 dan untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi hujan abu.

“Dengan kegiatan ini Bersama Forpimka Songgon berencana Segera menyiapkan Posko Tanggap bencana di Balai Desa Sumberarum.”Kata Kapolsek Iptu Eko Darmawan.

Menurut, Kapolsek Iptu Eko Darmawan menyampaikan Segera melakukan pendataan terhadap Jumlah Penduduk, Jumlah Hewan ternak, Titik Kumpul awal, Titik kumpul Akhir, lokasi pengungsian apabila dibutuhkan pada saat terjadinya evakuasi.

Dengan hasil pemantauan gunung api Raung
Sampai saat ini situasi Wilayah Kecamatan Songgon dalam keadaan aman, masyarakat sekitar Lereng Gunung api Raung masih beraktifitas Normal.

Ia menjelaskan Untuk Wilayah kecamatan Songgon sendiri Terdapat 5 Desa yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana ( KRB ) yaitu Desa Sumberarum, Desa Bayu, Desa Sragi, Desa Sumberbulu dan Desa Songgon.

“Alhamdulillah, saat melakukan pemantauan di lereng gunung api Raung masuk wilayah Desa Sumberarum berjalan dengan lancar aman dan kondusif, “Tandesnya.(Mbah Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *