oleh

Sosialisasi Program Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Spread the love

Gambiran – Bertempat di Hotel New Surya Jajag – Gambiran, Universitas Bakti Indonesia (UBI) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Jumat (08/04/2021). Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., M.M dan Dr. Lutfi, M.FI.

Kegiatan yang dibagi dalam dua sesi itu Prof. Dr. Tatik memaparkan pentingnya pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal program studi. Dalam kampus merdeka, merdeka belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Prof. Tatik mengatakan bahwa Perguruan Tinggi nantinya dapat meluluskan mahasiswa yang kompeten untuk itu, peran sumber daya manusia adalah sebagai kunci penentu di Perguruan Tinggi.

IMG-20210409-WA0055

“Sumber daya manusia perguruan tinggi adalah kuncinya, “kata Prof. Tatik dengan kalem.

Selanjutnya Prof. Tatik menjelaskan tentang penetapan standart pendidikan tinggi. Wanita yang saat ini menjadi dosen di STIE Perbanas Surabaya ini menyampaikan bahwa rumusan standart yang baik harus memenuhi kriteria yakni : Audience, Behavior, Competence dan Degree. Sementara itu, pemateri kedua Dr. Lutfi, SE, M.Fin dalam giliran penyampaian materinya menerangkan tentang identifikasi standar tambahan. Di kesempatan tersebut Dr. Lutfi bamyak mengulas tentang standar kerjasama yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi baik secara internal maupun eksternal. Disamping itu, pria lulusan S3 Universitas Brawijaya ini berpesan agar seluruh stakeholder di perguruan tinggi mulai dari mahasiswa, dosen, kaprodi, dekan, wakil rektor dan rektor mampu berinovasi dan kreatif.

“Pengakuannya dapat, pengabdiannya dapat sampai ada laporannya, selesai. Itulah ya, ya kita memang harus penuh kreatif, “pesan Dr. Lutfi dengan logat suroboyoannya yang medok.

Selain itu, pria yang memiliki pengalaman sebagai assesor dan pendamping banyak perguruan tinggi ini juga sharing dan memberikan kesempatan peserta sosialisasii dan workshop untuk bertanya seputar permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi dalam meningkatkan kinerja mutunya.

Acara sosialisasi yang berlangsung dari jam 08.00 hingga 16.00 itu dihadiri juga Rektor UBI Dr. Haya, SHI, M.PdI dan jajaran rektorat lainnya tersebut berlangsung dengan gayeng dan dinamis. Untuk diketahui agenda kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika UBI, berlangsung dua hari dan diakhiri dengan acara workshop, minggu (10/04/2021). (Pras)