oleh

Tertib dalam Administrasi P3K Perbarui Data Diri

Banyuwangi – BKPP : Hari ini Senin, 4 September 2023 Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Banyuwangi melakukan kegiatan pembaharuan data Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan ini dilaksanakan di 5 hari kerja yaitu hari Senin sampai dengan Jumat di Ruang Computer Assisted Test (CAT) BKPP. Dalam 1 (satu) hari dilaksanakan tiga gelombang yang mana sesuai dengan jadwal yang ditentukan gelombang pertama pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB, gelombang kedua dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB, dan gelombang berikutnya dilaksanakan pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Khusus hari Jumat hanya dilaksanakan satu sesi yaitu pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Plt. Kepala BKPP Kab. Banyuwangi Ilzam Nuzuli, SE., M.Si mengatakan

“Pembaharuan data PPPK ini menjadi bagian penting dalam penyusunan data kepegawaian yang komprehensif melalui Sistem Kepegawaian Daerah (SIMPEG), yang akan diintegrasikan dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) milik Badan Kepegawaian Negara. Selain itu, kelengkapan data ini juga mendukung tambahan nilai Indeks Profesionalitas ASN di Kabupaten Banyuwangi, “katanya.

Peserta yang ikut dalam pembaharuan data PPPK kali ini sebanyak 776 peserta yang terdiri dari Dinas Pertanian sebanyak 47 peserta, Dinas Kesehatan sebanyak 261 peserta dan Dinas Pendidikan sebanyak 468 peserta.

Mukhlishin, Analis SDM Aparatur BKPP menyampaikan kepada jurnal.news bahwa

“Salah satu poin penting dalam pembaharuan data ini adalah kualifikasi pendidikan yang mana hal tersebut dapat mendukung peningkatan Indeks Profesionalitas ASN, “tutur Mukhlisin.

IMG-20230904-WA0049

Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN adalah suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif tingkat profesionalitas pegawai ASN yang hasilnya dapat digunakan sebagai dasar penilaian dan evaluasi dalam upaya pengembangan profesionalisme ASN.

Dan menurut UU Nomor 5 Tahun 2014, salah satu asas dalam penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN adalah profesionalitas SDM ASN di lingkungan birokrasi yang harus mengikuti perkembangan organisasi yang kompetitif dalam rangka mewujudkan Aparatur Negara yang profesional. (Indah rzk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *