oleh

Semarak Pagelaran Seni Program Studi PGPAUD UNEJ bertema The Wonderful World of Childhood

Jember, Jurnalnews – Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, sedangkan belajar di usia senja bagai mengukir di atas air. Pepatah ini seringkali terderang sebagai gambaran bagaimana pembelajaran dan pendidikan yang diberikan pada anak usia dini akan melekat dan tertancap pada relung hati seorang anak hingga mereka beranjak dewasa. Pepatah di atas searah dengan salah satu tujuan kegiatan pagelaran seni yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.

Pagelaran Seni PG PAUD UNEJ berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 4 hingga 5 Juni 2024 di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Serangkaian acara pagelaran tersebut dilaksanakan sejak pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB. Berbagai macam projek hasil perkuliahan mahasiswa di gelar pada acara tersebut. Mulai dari hasil karya seni rupa, hasil karya buku antologi naskah drama, hasil karya seni musik, penampilan seni tari oleh anak yang dipandu oleh mahasiswa, hasil karya media Alat Permainan Edukatif (APE), hasil karya multimedia, hasil projek mata kuliah pengembangan sumber daya manusia Pendidikan, serta di tutup oleh semarak penampilan drama anak yang diperankan langsung oleh mahasiswa.

IMG-20240606-WA0092

Adapun tema yang diusung pada pagelaran kali ini adalah The Wonderful world of childhood, yang menggambarkan kegembiraan, kecerian dan kebahagiaan. Dengan suasana ceria dan dekorasi yang didesain sedemikian rupa menunujukkan bentuk kesiapan para panitia yang terdiri dari mahasiswa dan dosen untuk menyambut peserta yang terdiri dari seluruh peserta didik beserta wali murid di TK Labschool FKIP UNEJ yakni TK Dharma Indria I dan TK Dharma Indria II. Adapun peserta didik dari TK Labschool saat pagelaraan hari pertama berkesempatan menampilkan karya seni tari dengan konsep tradisional dan modern.

Ibu Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A., menyampaikan rasa bangga terhadap terselenggaranya pagelaran seni yang memiliki banyak agenda bermanfaat, mulai dari menampilkan berbagai macam karya mahasiswa seperti menulis buku antologi naskah drama anak, cipta lagu, koreografi tari, karya seni, dan masih banyak lagi. Menurut beliau, hal ini dapat meningkatkan program studi PGPAUD memiliki branded baik dan bertambah unggul. Dengan demikian dalam sambutan terakhir beliau berharap kepada mahasiswa untuk tetap semangat mencari wawasan yang begitu luas dan dapat terus mengembangkan kreativitasnya sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat bagi Masyarakat sekitar. Dalam sambutannya, Ibu Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A., juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia, HMP Golden AGE, mahasiswa angkatan 2021, 2022, dan 2023, serta pihak-pihak terkait yang telah memfasilitasi terselenggaranya pagelaran seni tersebut. Harapannya, semua kegiatan prodi PGPAUD bermuara pada sebuah visi yaitu, pada tahun 2030 PGPAUD Universitas Jember Menjadi program studi unggul di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang pendidikan anak usia dini yang berkualitas, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.

IMG-20240606-WA0095

Selain menampilkan hasil karya mahasiswa, acara pagelaran seni tersebut juga turut meresmikan lahirnya buku antologi naskah drama Anak Usia Dini. Tidak tanggung-tanggung, sejumlah 3 buah buku antologi naskah drama, secara resmi launching di acara pagelaran tersebut. Ketiga buku naskah drama tersebut berjudul “The Journey Of The Jungle, Wonderful Of The Sea, serta menjelajahi Dunia Flora dan Fauna”. Dalam pembuatan buku tersebut di bimbing oleh Ibu Yuniarta Syarifatul Umami, S.Pd., M.Pd. dan ibu Dr. Furoidatul Husniah, S.S., M.Pd. selaku dosen mata kuliah Pendidikan Seni Drama Anak Usia Dini. Ibu Yuniarta memberikan apresiasi atas jeri payah mahasiswa yang telah menuntaskan projek pembuatan buku antologi naskah drama secara optimal meskipun dalam waktu yang terbatas selama perkuliahan.

Tidak kalah menariknya, berbagai karya mahasiswa berupa alat permainan edukatif (APE) merupakan projek akhir kegiatan mata kuliah media dan permainan, dipajang pada stand masing-masing kelompok menggunakan meja hias cantik dan menarik. Hal tersebut menjadi daya Tarik pengunjung yang terdiri dari anak-anak maupun orang tua yang penasaran untuk mencoba permainan tersebut satupersatu. Semoga kegiatan pagelaran seni yang diadakan oleh prodi PGPAUD FKIP Unej ini dapat memberikan banyak manfaat baik bagi mahasiswa, guru, peserta didik, serta masyarakat luas.(Miskawi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *