Pasar Hewan Menjadi Tulang Punggung Baru Desa Kradenan

Pasar Hewan Menjadi Tulang Punggung Baru Desa Kradenan
Ramai-Situasi pasar hewan Kradenan di Desa Kradenan yang ramai dikunjungi pembeli dan pedagang ternak. (Ron/Jn)
Spread the love

Purwoharjo-Pasar hewan Desa Kradenan, Kecamatan Purwoharjo ramai didatangi pembeli dari luar daerah. Sebelumnya pasar hewan ini berada di desa Purwoharjo, dan sejak 5 bulan lalu menempati lokasi baru di Dusun Perangan Desa Kradenan. Transaksi jual beli di pasar hewan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini menyentuh angka ratusan juta rupiah.

Rata-rata pembeli yang datang dari luar Banyuwangi berasal dari Sidoarjo, Kediri, Mojokerto, Bondowoso, Situbondo. Bahkan ada yang datang dari Pati, Jawa Tengah. Pembeli dari luar Banyuwangi itu sebenarnya juga para pedagang. Mereka membeli hewan seperti kambing, sapi, di pasar hewan Kradenan untuk dijual kembali di daerah masing-masing.

Pedagang ternak di pasar hewan Kradenan. (Ron/Jn)

Pedagang ternak di pasar hewan Kradenan. (Ron/Jn)

Adapun pedagang hewan yang meramaikan pasaran di Desa Kradenan berasal dari Desa Cantuk, Rogojampi, Sraten, Tampo, Kradenan dan desa lainnya di wilayah Banyuwangi. Mereka menjual hewan dagangan dengan cara “sepaket”. Semisal 5 ekor kambing diikat jadi satu, yang terdiri dari 4 kambing anakan dan 1 kambing dewasa. Atau dijual terpisah per ekor.

“Harga kambing semisal kambing gemuk harganya mencapai Rp 1,7 juta per ekor. Para pembeli luar daerah dalam sekali beli bisa memborong hingga puluhan ekor,” ujar Jumirin, pedagang kambing asal Kecamatan Cluring, ditemui JurnalNews.com di lokasi, Kamis (1/6/2017).

Petugas pasar hewan Kradenan, Supriono (45), menjelaskan, pasar hewan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMNDes), itu memang ramai pembeli dari luar daerah. Hal itu ditunjang dari keamanan pasar yang terjamin karena ditiap hari pasaran-Kamis-selalu dijaga petugas kepolisian. Berbeda sebelum pasar hewan dipindah.

“Semenjak (pasar hewan pindah) disini terlihat lebih tertib dan nyaman. Para pedagang banyak yang suka selain sejuk tempatnya memang jauh dari pemukiman makanya yang datang semakin banyak hingga ada yang datang dari luar Banyuwangi,” paparnya.

pasar hewan2

Ditemui terpisah, Kepala Desa Kradenan Hadi Suharno menambahkan, lokasi pasar hewan sengaja dipilih jauh dari permukiman warga. Namun akses jalan menuju ke lokasi juga tidak sulit. Hal itu untuk memudahkan kendaraan pengangkut hewan ternak para pedagang dan pembeli. Disamping itu juga disediakan tempat parkir yang luas serta lokasi pasar yang adem karena banyak pohon yang masih dipertahankan. Terlebih fasilitas kantor, kantin dan musola juga turut dibangun.

“Yang terpenting perekonomian masyarakat sekitar bisa ikut terangkat. Dari yang tidak berternak jadi peternak, dan ibu-ibunya bisa berjualan makanan dan minuman,” pungkasnya.

Sebelum dipindah, pasar hewan di Kecamatan Purwoharjo bertempat tak jauh dari pasar Purwoharjo dan lokasinya kurang memenuhi syarat. Itu disebabkan tidak adanya tempat parkir dan fasilitas umum lainnya. Sehingga pedagang dan pembeli luar daerah yang biasa membawa mobil pengangkut ternak enggan untuk datang. (Ron/Jn)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan