Desa Kradenan Punya Pasar Ramadan

Desa Kradenan Punya Pasar Ramadan
Pasar Ramadan-Deretan stan pasar Ramadan Desa Kradenan.
Spread the love

Purwoharjo-Ada pemandangan berbeda di wilayah Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo di bulan Ramadan, tahun ini. Pemandangan itu tepatnya di jalan raya simpang tiga masjid jami Kradenan (arah ke Desa Sembulung). Pemerintah desa setempat menggelar pasar Ramadan yang buka dari pukul 16.00-21.00 Wib. Disana, tidak hanya belanja jajanan khas Ramadan saja, namun bisa berburu sembako murah.

pasar ramadan3

Pasar Ramadan yang inisiasinya dari kepala Desa Kradenan, Hadi suwarno, itu dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Ada sekitar 45 stan tenda dan 11 stan payung yang disiapkan. Dan semua stan terisi oleh pedagang yang berasal dari Desa Kradenan maupun luar desa. Diharapkan, pasar Ramadan bisa lebih menggerakan perekonomian masyarakat.

“Pasar Ramadan ini kami buka mulai hari pertama Ramadan. Sengaja membuka pasar Ramadan agar di bulan ramadan ini masyarakat bisa berjualan disini untuk menunjang prekonomiannya. Sangat mungkin pasar ini akan kami lanjutkan setelah lebaran, menjadi pasar sore,” ujar Kepala Desa Hadi Suwarno, ditemui JurnalNews di stan BUMDES Kradenan, Selasa (30/5/2017).

pasar ramadan2

Di pasar ramadan ini sebagian pedagang berjualan lauk pauk siap santap, jajanan atau takjil seperti kolak pisang, es buah bahkan buah-buahan lokal. Laiknya pasar tradisional pada umumnya, para pedagang juga menjual ikan laut segar, sayur mayur dan keperluan logistik lainnya.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah desa yang sudah menyiapkan tempat yang nyaman, aman dan bersih untuk berjualan. Semoga pasar ini membawa berkah bagi kami semua. Alhamdulillah dagangan saya habis terus,” kata Turiasih, salah satu pedagang jajanan, ditemui terpisah.

Stan BUMDes-Kepala Desa Kradenan Hadi Suwarno (bertopi) saat di stan BUMDes di pasar Ramadan. (Ron/Jn)

Stan BUMDes-Kepala Desa Kradenan Hadi Suwarno (bertopi) saat di stan BUMDes di pasar Ramadan. (Ron/Jn)

Rupanya pasar ramadan ini juga mendapat sambutan positif dari para pengunjung dari luar desa. Sebab mereka mengaku tidak perlu bingung untuk mencari bahan makanan untuk keperluan buka maupun sahur. Pasar Ramadan ini banjir pengunjung menjelang jam buka puasa dan selepas ibadah trawih.

“Belanja sambil ngabuburit,” pungkas Tina, yang berkunjung bersama rekan-rekan remajanya. (Ron/Jn)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan