PCNU Banyuwangi Ajak Kadernya ‘Ngaji’ Bareng Bahaya Narkoba

PCNU Banyuwangi Ajak Kadernya ‘Ngaji’ Bareng Bahaya Narkoba
Acara penyuluhan hukum dari PCNU Banyuwangi.
Spread the love

Banyuwangi-PCNU Banyuwangi memberi penyuluhan hukum kepada pengurus MWC se Banyuwangi. Ada dua tema dalam penyuluhan hukum tersebut, yaitu penyuluhan tentang bahaya narkoba dan ekonomi syariah. Penyuluhan itu mengundanghadirkan pemateri dari Polres Banyuwangi dan Pengadilan Agama Banyuwangi, Jumat (11/8/2017).

Kasus penyalahgunaan narkoba menjadi perhatian serius PCNU Banyuwangi.  Peredaran narkoba yang membuat miris kalangan orang tua dan masyarakat itu, perlu upaya bersama untuk melakukan pemberantasan. Termasuk perlu peran serta pengurus dan kader NU untuk melakukannya.

“Upaya membantu polisi untuk memberantas narkoba harus didukung pemahaman hukum memadai yang harus dimiliki  kader NU sendiri,” jelas Ketua PCNU Banyuwangi, KH Masykur Ali, saat memberikan sambutan.

Persoalan lain yang tak luput dari perhatian ihwal berkembangnya badan usaha berlabel syariah. Baik itu perbankan maupun hotel. Penyuluhan ekonomi syariah ini, untuk memberikan pemahaman keapda pengurus NU, terkait dasar hukum dan fungsi pendirian usaha yang berlabel syariah.

Sementara itu, KBO SatNarkoba Polres Banyuwangi Iptu Suryono Bhakti dalam penyuluhannya menjelaskan tentang berbagai macam jenis narkoba dan bahayanya. Tak lupa dia jelaskan sanksi hukum bagi pengguna dan pengedarnya.

Iptu Suryono juga membagikan nomor telepon kepada seluruh peserta, agar segera menghubunginya bila mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba diwilayah mereka. “Hubungi saya bila mengetahui pelaku penyalahgunaan narkoba,” pintanya.

Dikesempatan yang sama, Humas Pengadilan agama Banyuwangi H. Fathur Rahman dalam penyuluhan hukum yang dimotori Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH NU) Banyuwangi, itu memberikan paparan tentang beberapa persyaratan dan ciri ciri  usaha yang bisa dikategorikan sebagai usaha syariah.

“Ini penting agar masyarakat tidak mudah terjebak dengan embel embel syariah dalam memilih dan berinteraksi dengan usaha syariah,” tambahnya.

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan