Goa Sodong Banyak Menyimpan Cerita Mistis, Kini Jadi Tempat Wisata Di Banyuwangi

Goa Sodong Banyak Menyimpan Cerita Mistis, Kini Jadi Tempat Wisata Di Banyuwangi
Foto: Wisata Goa Solong
Spread the love

BANYUWANGI – Cerita mistis tentang Goa Sodong memang tidak asing didengar, menurut cerita Goa Sodong merupakan tempat pertapaan Mbah Kencling atau H.Hasan sesepuh di Desa Grogol Kecamatan Giri yang makamnya di timur masjid Dusun Pelinggihan. Selasa (18/02/2020).

Goa Sodong yang dulu dikeramatkan kini berubah jadi tempat wisata yang mempunyai 7 mata air, kehebata tempat itu konon airnya bisa buat pengobatan dan bisa langsung diminum.

Seperti cerita warga setempat Siti Hendun, Goa Sodong konon dulu tempat bertapa sesepuh yang sakti mondro guno yaitu mbah Kencling nama lain H.Hasan.

“Dulu Goa Sodong adalah tempat angker, tempat dimana mbah Kencling bertapa.” Cerita Siti Hendun.

Sementara, menurut budayawan dari Desa Glagah Sanusi (72), Mbah Kencling adalah anak dari Wong Agung Wilis, pejuang Blambangan melawan Belanda.

“Dari buku sejarah yang pernah Saya  baca di Babad Tawangalun, Mas Kencling ini adalah anak dari Wong Agung Wilis pejuang dari Blambangan.” Cerita Sanusi yang pernah terkenal di YouTube Desa Penari.

Wisata Goa Sodong itu berlokasi ditanah pribadi milik Alimi dan sebagian milik Siti Hendun warga Dusun Pelinggihan Desa Grogol.

Tempat wisata Goa Sodong mulai diperkenalkan 4 tahun lalu dan baru dikenal masyarakat sejak 1 tahun lalu.

Terletak di sebuah perbukitan yang masih asri dengan berbagai macam – macam tumbuh liar dan tanaman buah – buahan.

Didalam area terdapat pohon buah durian dan pohon pala yang ukuran pohonnya berukuran besar, sehingga bermunculan mata air juga membuat suasana sejuk yang bisa dinikmati pengunjung.

Selain menikmati panorama alam kebun yang asri, pengunjung bisa berselfi di bebatuan yang ukurannya cukup besar. Bebatuan itu yang membentuk mulut gua.

Setiap malam jumat Goa Sodong ada sebagian pengunjung yang mandi di sendang sumber mata air. Bermaksud

untuk tolak balak dan terapi penyembuhan segala macam penyakit. (Miskawi/Rny//JN).

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan