Penanaman Rumput Vetiver Ditepi Sungai Oleh Dandim 0825 Banyuwangi, Cegah Longsor

Penanaman Rumput Vetiver Ditepi Sungai Oleh Dandim 0825 Banyuwangi, Cegah Longsor
Foto: Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P, Dandim 0825 Banyuwangi, saat melaksanakan penanaman rumput Vetiver bersama tamu undangan dan masyarakat dipinggir sungai Pekalen.
Spread the love

BANYUWANGI – Penanaman rumput Vetiver ( akar wangi ) ditepi sungai Pekalen, Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo dihadiri langsung oleh Dandim 0825 beserta undangan dari Forpimka dua Kecamatan Bangorejo dan Tegalsari, serta seluruh kepala Desa dua Kecamatan juga masyarakat sekitar sungai. Kamis (20/02/2020).

Kegiatan itu dihadiri oleh Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P berserta Kasdim 0825 Mayor Inf Herawady Karnawan.

Juga hadir, Danramil 0825 Kapten Inf Lukman Hartadi serta jajaran Danramil dan Danposramil, sebagian anggota Kodim 0825 Banyuwangi.

Forpimka, turut hadir Camat Bangorejo Taufik Rahman, M.Si serta Kapolsek Bangorejo AKP Bahrul Anam.

Penanaman rumput Vetiver ditepi sungai itu juga dihadiri Kabit Bina Manfaat Dan Kementrian Dinas PU, Doni Arsilo. ADM Perhutani Banyuwangi Selatan Ir Bambang serta Kepala Desa Se-Kec Bangorejo dan Tegalsari.

Diawali dengan pengecekan personel oleh Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P (Dandim 0825 Banyuwangi) pada pukul 08.30 wib.

Foto: Lokasi Dilereng sungai Pekalen Desa Kebondalem.

Foto: Lokasi Dilereng sungai Pekalen Desa Kebondalem.

Dilanjutkan dengan penanaman rumput Vetiver secara simbolik oleh Dandim 0825 dan semua yang hadir. Rumput yang ditanam sebanyak 3.000  tumbuhan.

Penanaman rumput Vetiver untuk konservasi tanah dan air dalam rangka pemulihan daerah aliran sungai (DAS) diwilayah Kodim 0825 Banyuwangi.

Kegiatan itu bertujuan sebagai pencegah longsor, penghalang terhadap aliran permukaan dan Erosi serta dapat menahan/mengikat tanah agar tidak terjadi longsor.

Seperti apa yang dikatakan oleh Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P, dalam sambutan menjelaskan, bahwa kegiatan itu adalah mencegah agar dibagian – bagian lereng sungai tidak longsor.

“Kegiatan penanaman rumput Vetiver ini mencegah agar lereng sungai yang curam tidak longsor.” Jelasnya.

Tumbuhan jenis ini, jika ditanam akarnya bisa masuk kedalam tanah hingga 3 meter. Itu sebabnya tumbuhan Vetiver dianggap mampu menahan atau mengikat tanah agar tidak terjadi longsor.” Terang, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P, Dandim 0825 Banyuwangi.

Saat sambutan, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P, Dandim 0825 Banyuwangi. Menyampaikan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir untuk bersama-sama melaksanakan penanaman rumput vetiver.

Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk usaha untuk melestarikan lingkungan dilahan yang kritis atau lahan yang mudah longsor. Seperti slogannya “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita”.

Pelaksanaan penanaman rumput Vetiver selasai Pukul 09.50 wib kegiatan itu berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Agus/Ry//JN)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan