Kapolresta Lakukan 4 Titik Checkpoint, Terhadap Pemudik Yang Masuk Banyuwangi

Kapolresta Lakukan 4 Titik Checkpoint, Terhadap Pemudik Yang Masuk Banyuwangi
Foto: Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin saat dilokasi checkpoint.
Spread the love

BANYUWANGI – Pelaksanaan penanganan COVID 19 di Kabupaten Banyuwangi kembali digelar rapid test kepada masyarakat yang baru saja datang. Kamis (23/04/2020).

Kegiatan itu dilaksanakan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19. Saat ini pelaksanaannya di empat titik yakni diperbatasan masuk Banyuwangi.

Kali ini kegiatan rapid test dilaksanakan diperbatasan Banyuwangi-Situbondo di Kecamatan Wongsorejo Desa Bajulmati.

Para pemudik yang baru masuk ke Posko pembatasan pemudik di Desa Bajulmati, dirapid test sebelum masuk ke Kabupaten paling ujung timur pulau jawa.

“Kegiatan rapid tes ini kita lakukan kepada setiap pemudik dari luar kota yang masuk ke Banyuwangi. Terlebih kepada mereka yang pulang dari zona merah Covid-19,” kata Kapolresta sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, di Pos Pantau COVID-19 Desa Bajulmati Kecamatan Wongsorejo, pada hari Rabu kemarin.

Rapid tes ini akan terus dilakukan untuk memastikan pemudik yang datang ke Banyuwangi steril atau bebas dari Coronavirus. 

“Jadi sebelum masuk ke Banyuwangi, seluruh pemudik harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di Pos Pantau Covid-19 yang berada di perbatasan. Bagi mereka yang suhu badannya tinggi dan dicurigai terjangkit Corona, juga termasuk yang darang dari zona merah, akan dilakukan rapid tes,” ungkap Kapolresta Arman.

Kapolresta Arman menyebutkan, ada 4 titik checkpoint tempat dilakukannya rapid tes terhadap pemudik. Yakni perbatasan Banyuwangi-Situbondo di Kecamatan Wongsorejo, perbatasan Banyuwangi-Bondowoso di Kecamatan Licin, perbatasan Banyuwangi-Jember di Kecamatan Kalibaru, dan di Pelabuhan ASDP Ketapang.

Hasil dari operasi hari ini, tercatat ada 5 orang pemudik yang suhu badannya tinggi di atas 37 derajat. Mereka pun langsung digiring ke Pos Pantau Covid-19 untuk di-rapid tes. 

“Dua orang hasilnya sudah keluar, Alhamdulillah negative. Sedangkan 3 orang lainnya masih proses,” sebutnya.

“Selain rapid tes, kita juga melakukan semprot disinfektan terhadap kendaraan yang masuk Banyuwangi. Tak lupa kita juga imbau kepada pemudik agar melakukan isolasi mandiri selama 14 begitu sampai di rumah serta melaksanakan social dan physical distancing,” tutupnya. (Rny/Fan//JN)

   

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan