oleh

Lomba Lintas Alam Jejak Aliyan Dilepas Wabup Sugirah

Spread the love

Wakil Bupati Banyuwangi melepas seluruh peserta Lomba Lintas Alam Jejak Aliyan yang terdiri dari pelajar dari SMP, SMA, hingga umum yang diadakan oleh Desa Aliyan pada Minggu pagi, 11 April 2021.

Pelepasan ditandai dengan pengibaran bendera star disaksikan Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahya Purnama, Kepala Dispora , Camat beserta muspika Kecamatan Rogojampi dan pejabat terkait.

IMG-20210411-WA0057

Tujuan utama lomba lintas alam “Jejak Aliyan” adalah Menanamkan karakter sehat, cinta alam dan team work kepada para peserta. Dengan demikian diharapkan semua pihak yang terlibat dapat memahami bahwa untuk sehat secara fisik dan mental tidak harus didapatkan di tempat yang jauh dan biaya mahal.

Wakil Bupati H. Sugirah, S.Pd , M.Si dalam sambutannya mengatakan, “Pemkab Banyuwangi menyambut positif diselenggarakan nya Lomba Lintas Alam Jejak Aliyan yang dinilai sebagai upaya untuk jelajah alam sekaligus mengenalkan potensi wisata yang ada. Disamping itu dengan lintas alam juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan badan dan pikiran, “ungkapnya.

IMG-20210411-WA0059

Sugirah juga berharap dengan adanya kegiatan semacam ini, masyarakat bisa lebih sadar dan peka terhadap lingkungan serta kondisi alam.
Ia juga berharap jika Lomba Lintas Alam Desa Aliyan ini juga bisa menjadi contoh bagi desa lain untuk meningakatkan kecintaan mereka terhadap alam sebagamana alam telah memberikan sumber dayanya untuk manusia.

“Ini adalah awal kebangkitan dari Desa Aliyan sebagai contoh untuk desa-desa lain yang ada di Banyuwangi,” pungkas Sugirah

Sementara Kepala Desa Aliyan , Anton Sujarwo, SE berharap agenda kegiatan seperti ini bisa menjadikan pelajar untuk belajar mencintai alam dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Untuk pertama kalinya, Desa Aliyan mengadakan acara yang melibatkan potensi alam dengan tema ‘Jejak Aliyan, ” ujar Anton.

Bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengenalkan potensi wisata, sejarah, dan kuliner Desa Aliyan, Anton berharap peninggalan jejak sejarah Desa Aliyan bisa digali lebih dalam.

“Tujuan Desa Aliyan mengadakan Lomba Lintas Alam dengan tema ‘Lintas Aliyan’ ini tentu saja untuk mengenalkan alam, potensi wisata, dan kuliner,” kata Anton dalam konferensi pers usai dampingi Wakil Bupati Banyuwangi beserta jajarannya saat melepaskan peserta lomba di kantor Balai Desa Aliyan, Rogojampi.

“Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan perekenomian masyarakat melalui pengembangan potensi wisata alam, sejarah, dan kuliner khas Aliyan, “tambah Anton.

Perlu diketahui sebelumnya, Desa Aliyan merupakan bekas peninggalan sejarah kerajaan Blambangan yang menyisakan berbagai jejak wisata sejarah Banyuwangi. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan perekenomian masyarakat melalui pengembangan potensi wisata alam, sejarah, dan kuliner khas Aliyan.
dengan medan yang bervariatif mulai dari uji nyali melintasi pematang sawah, jalan terjal, nyebur ke air sampai menyeburkan diri di aliran sungai dam rejo dan naik turun gumuk tugu .Dari kegiatan ini terlihat kekompakan para peserta dalam menghadapi berbagai rintangan, mereka saling bahu-membahu untuk melewati 5 pos yang telah disiapkan oleh panitua , dengan total jarak tempuh 4 KM dan berhasil mereka taklukkan bersama dalam waktu selama 2-3 jam.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan mental pantang menyerah, kemampuan bertahan dalam kondisi sulit, serta menjadi sarana rekreasi dan semangat kebersamaan diantara para peserta lintas alam jejak aliyan.(Ilham Triadi)