oleh

BUDAYAKAN GOTONG -ROYONG FORUM KOMUNIKASI MASYARAKAT PAPRING (FKMP) BERKOLABORASI DENGAN MAHASISWA KKN UNIBA

Spread the love

Banyak orang mengatakan bahwa budaya gotong royong mulai hilang. Namun pernyataan itu tidak semuanya benar. Masyarakat Papring masih terus membudayakan melalui program ” Kerja Bhakti Kampung” dengan tema :” Saatnya kita bergerak membangun Kampung”, kerja kampung kali ini dilaksanakan di wilayah Serut, Minggu (20/06).

Melalui Forum Komunikasi Masyarakat Papring (FKMP), bersinergi dengan mahasiswa Yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas PGRI Banyuwangi.

IMG-20210620-WA0085

Saat pertemuan antara mahasiswa, Dosen pembimbing dan Pokdarwis koordinator rumah bambu Papring dan Bukit Sewu Sambang, salah satu program mahasiswa adalah ikut program kerja bakti kampung yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat Papring. Saat Koordinasi Cak Widie Nurmahmudi pendiri Kampoeng Batara (Baca Taman Rimba) menyampaikan bahwa “Wilayah menjadi tempat kerja bakti ada jalur umum dan menuju beberapa lokasi wisata salah satunya Bukit Sewu Sambang, “Ungkapnya.

Hasil pengamatan Jurnal News bahwa Kerja bakti ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat, bahkan Minggu sebelumnya warga bergotong royong plester jalan umum dan hasil swadaya masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini patut diapresiasi dan masyarakat Papring sudah membuktikan dengan sikap.

IMG-20210620-WA0086

Mahasiswa bersama-sama masyarakat Papring saling bahu-membahu dan terbangung simbiosis mutualisme dan kolektif koligial. Meskipun situasi pandemi COVID-19, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Tamam Fauzi, “Kegiatan kerja bakti tadi kita saling melengkapi, kita sebagai masyarakat terbantu dengan datangnya mahasiswa KKN karena beban yang dikerjakan semakin ringan dan tentunya bagi mahasiswa sebagai proses edukasi tentang bagaimana kebersamaan yang kami bangun mulai dulu hingga saat ini. Dan harapannya kepada seluruh mahasiswa KKN Jika sudah kembali ke masyarakat, kegiatan seperti ini bisa diadopsi, “tuturnya sambil memotivasi mahasiswa.

Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN mendapatkan apresiasi yang tinggi dari tokoh masyarakat kegiatan ini sangat bagus dan wujud kepedulian kepada masyarakat sebagai bentuk dari Kuliah Kerja Nyata yang diharapkan memang seperti ini. Berbaur dengan masyarakat, mengajak masyarakat dengan menciptakan semangat baru.

Ketua Kelompok KKN juga menyampaikan nantinya akan dibuatkan petunjuk arah misalnya petunjuk arah menuju Bukit Sewu Sambang, Rumah Bambu Papring karena banyak masyarakat yang kesasar jika ingin menuju tempat wisata dan tak jarang masyarakat yang tidak tau wilayah menuju kearah hutan. Ungkap Suci, Ketua Kelompok KKN Bukit Sewu Sambang. (Miskawi Kebangsaan).