oleh

Masa Pandemi, SMPN 2 Rogojampi Lakukan MPLS Secara Virtual

Spread the love

Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) atau biasa disebut masa orientasi siswa, tetap dilangsungkan. Hanya saja, pelaksanaannya dengan cara jarak jauh secara daring (online). Sesuai jadwal, maka PLS SMPN 2 Rogojampi akan dilakukan selama 3 hari yakni pada tanggal 5, 6, dan 7 Juli 2021.

Sebagai dampak Pandemi Covid-19 berpengaruh di bidang pendidikan. Pasalnya, jelang tahun ajaran baru terpaksa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan secara online.

IMG-20210707-WA0010

Menurut Pujianto, Waka Kesiswaan , bahwa rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah tuntas dilakukan, untuk itu SMPN 2 rogojampi melakukan kegiatan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) secara daring/online. Di samping memperkenalkan lingkungan sosial (para guru dan siswa senior), MPLS juga ditujukan untuk memperkenalkan  lingkungan  sosial (para guru dan siswa senior),  MPLS juga ditujukan untuk memperkenalkan berbagai cara belajar yang baru. Oleh sebab itu kegiatan dalam MPLS berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan memperkenalkan lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial masyarakat sekitarnya, tambahnya.

Para siswa baru hanya bisa mengikuti kegiatan itu di rumah masing-masing, secara virtual. Berikutnya, para guru akan memberikan bimbingan dan pengarahan seputar materi PLS tahun ajaran 2021/2022.

“Di masa pandemi Covid-19, kesehatan dan keselamatan peserta didik, guru dan tenaga kependidikan adalah prioritas,” terang H. Agus Syafi’i, Kepala SMP N 2 Rogojampi

Agus Syafi’i menambahkan bahwa MPLS diadakan untuk menjembatani siswa baru mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun isi dan cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya.

“Akibat diberlakukannya PPKM Darurat 3-20 juli 2021, hingga berdampak belum ada aktivitas belajar tatap muka. Termasuk kegiatan MPLS nanti kita lakukan secara virtual,” ujarnya, Senin ( 5/7/2021).

Ia menambahkan, bahwa dalam MPLS virtual nanti tim guru akan menjelaskan bagaimana sistem kurikulum di sekolah, pengenalan belajar daring, program dan proses belajar mengajar, mengenalkan lingkungan sekolah, budi pekerti, tata krama, tata tertib, program anti bulying, narkoba dan kenakalan remaja, pendidikan berkarakter, wawasan wiyata mandala hingga mengenalkan kewirausahaan.

MPLS tersebut dilakukan layaknya suasana normal, akan tetapi dilakukan secara virtual sehingga saat siswa belajar tatap muka usai Pandemi Covid-19 berakhir maka siswa dan wali murid paham.

” Pandemi Covid-19 saat ini masih terus menjadi perhatian kita semua sehingga untuk menghindari menularnya wabah ini terpaksa MPLS kita gelar secara virtual, kita berdoa semoga wabah ini berakhir,” pungkasnya.(Ilham Triadi)