oleh

Petuah Kang Makin Wartawan Senior Banyuwangi, Disela Acara HPN 2023

BANYUWANGI, Jurnal News – Salah satu deretan wartawan senior Banyuwangi Hayatul Makin SH, yang kini berkiprah menjadi pengacara memberi petuah kepada teman sejawat dalam acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 Di Sekretariat Seblang.com, Kamis lalu (9 Februari 2023).

Saran itu tidak lain bertujuan untuk memberi semangat pada wartawan muda agar lebih generik. menurutnya, Pers harus ditempatkan pada posisi sesungguhnya sebagai mata telinga masyarakat yang harus tetap sebagai Mitra.

Sosok Kang Makin bisa menjadi panutan, ia wartawan senior yang menghabiskan tintanya didunia jurnalis pada masa orde baru hingga sekarang. Tak hanya itu, Kang Makin juga sebagai pengusaha muda dan pengacara.

Lengkap sudah karir Kang Makin menjadi Singa Blambangan yang ramah. Bagaimana tidak, kiprah Kang Makin dan teman sejawat didunia Jurnalis menjadi kontrol sosial Di Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi, yang kini namanya trending di jagat raya.

Dalam kesempatan dihari Pers Nasional yang digelar beberapa hari lalu dikantor Media Online, Kang Makin mengatakan terlepas Media menginformasikan tentang saran kritik atau program, Pers adalah kawan dan mitra.

“Wartawan adalah kawan, sahabat yang tidak pernah diperintah memberi ragam informasi tanpa batas dalam ruang waktu dan tempat,” terangnya.

“Maka mereka harus ditempatkan pada porsinya, bukan dilihat dari sudut pandang suka atau tidak suka,” cerita Kang Makin disela kesibukan diacara HPN dikantor Media Seblang.com.

Celoteh Kang Makin semakin terang dan menjadi panutan didunia Jurnalis, bimbingan kata – kata kasarnya menjadi pengusir kemalasan diteman – teman sejawatnya. Sabtu (11/02/2023).

“ya.. memang begitu tugas seorang wartawan, tugasnya adalah menulis apa yang dia tahu, apa yang dia dengar, itu memang tugas jurnalis, kalau tidak ya.. bukan wartawan namanya.” Tegur perhatian dan kasih sayang terhadap teman sejawat.

Meski begitu, dirinya mengaku sangat termotivasi didunia pers karena bisa  menyuguhkan ragam informasi menghindari intervensi.

“Saya geluti dunia pers, karena kita  wartawan bisa mewadahi segala informasi untuk disampaikan kemasyarakat,” kata Kang Makin.

Tak boleh kecil hati, Menurutnya banyak yang muncul mengaku wartawan namun itu bukanlah suatu kendala berarti.

“Bagi saya kalau kita tampil kredibilitas sesuai tujuan pers, sesuai kode etik, dan aturan UU pers faktor inilah akan menempatkan kita dalam posisi yang baik ditengah publik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kang Makin mengajak semua pihak menjunjung marwah pers yang bermartabat, bisa membangkitkan pemahaman informasi di tengah publik.

Diketahui, Kang Makin selama ini dikenal sangat menghargai sesama wartawan, dia tak jarang mengajak rekan seprofesi yang membesarkan namanya itu sekedar ngobrol ngopi bareng.

” Untuk teman – teman pers semua selamat HPN 2023. Kapan – kapan saya diajak ngobrol gak apa-apa, itu yang muda-muda harus kita beri semangat.” Kata Kang Makin, Direktur Faktanews.com.

Penulis : Aguk

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *