Beras Sejahtera Bulog Berkutu

Beras Sejahtera Bulog Berkutu
Berkutu-Beras sejahtera yang dibagikan ke warga tidak mampu di Desa Karangsari, Kec Sempu berkutu. (Duk/Jn)
Spread the love

Sempu-Bantuan beras warga miskin yang sekarang menjadi beras sejahtera (Rastra) dari pemerintah melalui Bulog tidak bisa langsung dikonsumsi. Hal itu disebabkan beras berkutu dan bau juga warna yang kusam kekuning-kuningan membuat para warga penerima harus menggilingnya lagi. seperti di Desa Karangsari Kecamatan Sempu. (22/06/2017).

Hal itu seperti yang terjadi di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Kamis (22/6/2017). Saat pembagian beras, terlihat 6 mobil rakitan penggiling padi atau biasa disebut Grandong di didepan Kantor Desa Karangsari. Warga penerma memanfaatkan jasa Grandong untuk membersihkan beras Bulog yang sudah berkutu tersebut agar menjadi bersih dan putih. Ongkos giling persak Rp 3 ribu/sak.

“Kalau tidak digiling lagi ya bau mas, apalagi langsung dimasak nasinya jadi kuning mudah rusak dan bau tidak enak,” tutur salah satu penerima rastra wanita berusia lanjut, saat mengantri menggiling berasnya, sambil menunjukan beras yang dimaksud digenggaman tangannya.

Memang kondisi beras sejahtera dari Bulog yang tidak layak konsumsi itu sudah bukan rahasia lagi. Para pemilik Grandong penggilingan padi sangat paham dengan jadwal pembagian beras sejahtera di tiap desa di Kecamatan Sempu. Mereka memanfaatkan “peluang” ketidaklayakan beras sebagai bahan pangan utama.

“Kami selalu datang ke (kantor) desa-desa saat mulai pembagian beras oleh pemerintah karena beras bantuan itu selain warnanya kekuningan juga bau dan berkutu, makanya harus digiling lagi,” ungkap TOmo (55), salah satu pemilik Grandong penggilingan padi, ditemui terpisah.

Dari fakta diatas, selayaknya pihak-pihak terkait harus ekstra signifikan melakukan perbaikan, sehingga warga penerima manfaat beras sejahtera rbisa mendapatkan bantuan beras yang bermutu baik dan layak dikonsumsi.(Mif/JN)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan