Paskibraka Purwoharjo Mulai Dilatih

Paskibraka Purwoharjo Mulai Dilatih
Aiptu Sunardi, salah satu pembina latih Paskibraka Purwoharjo dari unsur Polri saat memberikan wejangan kepada anggota Paskibraka. (Ron/JN)
Spread the love

Purwoharjo-Pelatihan Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Kecamatan Purwoharjo tahun ini dibuka secara resmi di stadion Purwoharjo, Kamis (20/7/2017). Pembukaan dihadiri seluruh anggota Paskibraka dan dibuka secara langsung oleh Camat Purwoharjo Ahmad Laini. Jajaran Muspika lainnya terlihat turut hadir. Pelatihan akan berlangsung hingga 26 hari mendatang.

Anggota Paskibraka Purwoharjo adalah siswa kelas satu dan dua dari sejumlah SMA/ Madarasah Aliyah (MA) di lingkup kecamatan tersebut. Diantaranya, SMA Negeri 1 Purwoharjo, SMA PGRI, SMA Bakti Negara, SMA Ganesa Parwati, SMA Al Atiq serta MA NU. Adapun pembina latih Paskibraka diambil dari unsur Polri, TNI AD (Koramil), TNI AL (Pos AL Grajagan) dan dibantu Satpol PP.

Usai upacara pembukaan, para pembina latih memberikan nasehat dan motivasi kepada seluruh anggota Paskibraka Purwoharjo. Seperti yang disampaikan Kanit Binmas Polsek Purwoharjo Aiptu Sunardi. Dimana anggota Paskibraka diminta untuk disiplin, tegas dan bertanggung jawab selama mengikuti pelatihan.

“Menjadi pengibar bendera sang saka merah putih itu harus disiplin dan bertanggung jawab jangan melanggar hukum atau memberi contoh yang buruk,” tegasnya dihadapan anggota Paskibraka.

Dikesempatan itu, Aiptu Sunardi juga menegur salah satu anggota Paskibraka karena ketahuan datang ke pelatihan dengan mengendarai sepeda motor tanpa spion. Siswa Paskibraka yang bersangkutan itu pun diminta untuk maju ke depan untuk diberikan pembinaan. Serta sebagai contoh kepada anggota Paskibraka yang lainnya.

“Sekali lagi Paskibraka harus menjadi contoh yang baik bagi siswa yang lain. Terlebih di dalam masyarakat,” pungkasnya.

Paskibraka ini akan bertugas sebagai regu pengibar bendara merah putih dalam upacara kemerdekaan 17 Agustus nanti. Tentu saja tugas negara tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan kemampuan baris berbaris dan mental yang bagus. Paskibraka sendiri selalu menjadi pusat perhatian peserta upacara maupun masyarakat. (Ron/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan