Setahun Berlalu Proyek LPJU Ini yang Dibangun Hanya Pondasi

Setahun Berlalu Proyek LPJU Ini yang Dibangun Hanya Pondasi
Spread the love

Gambiran-Ada resah masyarakat di wilayah Dusun Jatisari Desa Wringinagung. Resah karena proyek lampu penerangan jalan umum (LPJU), yang digarap sejak Oktober 2016 hingga kini tak ada kelanjutannya. Proyek itu hanya berhenti sampai pembangunan pondasi tiang saja.  Baut yang tertancap dibeton pondasi kini sudah berkarat.

Dikabarkan proyek ini bersumber pada anggaran Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) salah satu anggota dewan DPRD Banyuwangi. Tidak jelas berapa anggaran pastinya. Namun ada sekitar 29 titik pondasi LPJU yang sudah siap digunakan. Pondasi beton itu sendiri pada saat pengerjaannya dilakukan masyarakat sekitar secara gotong royong.

“Saat itu masyarakat sini yang buat pondasi, kami gotong royong, Memang ada penanggung jawabnya, Pak (menyebutkan nama orang),” ungkap salah satu warga, yang enggan menyebutkan namanya, ditemui JurnalNews.com, Senin (31/7/2017).

Pada saat itu, lanjut dia, penanggung jawab proyek mengatakan kepada masyarakat apabila tiang dan lampu sudah siap untuk dipasang. Menunggu beton pondasi keras atau sudah siap dipasangi tiang. Namun kenyataannya sudah hampir setahun, ini tiang listrik dan lampunya tidak kunjung dipasang.

“Katanya seperti itu, tiang listriknya sudah dibuatkan dibengkel dan siap untuk dipasang. Tapi entah kenapa kok belum juga (dipasang),” tambahnya.

Sementara saat JurnalNews menelusuri asal muasal proyek tersebut ke LPMD Wringinagung, mengaku tidak tahu menahu. LPMD mengaku tidak pernah ada proyek LPJU yang dibangun rentang 2016. Terlebih proyek itu hanya berhenti pada pondasinya saja.

“Bukan, kami tidak pernah membangunnya. Mungkin itu proyek bersumber Jasmas. Atau saya saja yang belum dapat laporannya,” ujar Suwito, salah satu pengurus LPMD Wringinagung.

Lokasi LPJU ini berada di jalan desa di Dusun Jatisari, dimulai dari simpang tiga tikungan maut (Timur Polsek Gambiran) hingga simpang tiga KUD Jatisari. Pondasi beton ini ada yang dibangun disisi kanan  namun lebih banyak disisi kiri jalan.  Dibuat pada 20 Oktober 2016, seperti yang terukir dipondasi betonnya. (Ron/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan