Kelompok Nelayan Samudra Bakti Raih Kalpataru

Kelompok Nelayan Samudra Bakti Raih Kalpataru
Ketua Kelompok Nelayan Samudra Bakti, Ikhwan Arief, berpose bersama Bupati Anas usai menerima Kalpataru. (Istimewa)
Spread the love

Wongsorejo-Salah satu kelompok nelayan asal Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo mendapat penghargaan Kalpataru. Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI itu diraih lantaran kelompok ini terpilih sebagai pelopor dan penyelamat lingkungan di daerahnya.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, kepada Ketua Kelompok Nelayan Samudra Bakti, Ikhwan Arief, dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup d Jakarta, 2 Agustus 2017.

“Alhamdulliah hari ini kami diundang oleh kementrian lingkungan hidup, untuk mendapatkan kalpataru dari presiden Joko Widodo, dalam kategori kelompok nelayan peduli lingkungan,” ungkap Ikhwan Arief, Rabu (2/7/2017).

Dipilihnya kelompok nelayan ini bukan tanpa alasan. Karena mulai tahun 2008 sampai sekarang tetap konsisten dalam merubah pola tangkap nelayan dari merusak menjadi nelayan yang ramah lingkungan, maupun kegiatan konservasi, terutama konservasi laut dan pantainya.

“Selain berhasil merubah pola tangkap nelayan dari perusak menjadi ramah lingkungan, kelompok nelayan Samudra Bakti juga memiliki konservasi sendiri, dikawasan seluas 15 hektar di pantai Bangsring, Banyuwangi,” terangnya.

Dari berbagai pendekatan dan upaya ini, mereka mampu merangkul para nelayan agar berperilaku positif. Sehingga, dapat menumbuhkan sikap dan aktivitas yang lebih mencintai kawasan lingkungan terutama di laut.

“Dimana di zona perlindungan bersama tersebut seluruh masyarakat dilarang, melakukan aktivitas penangkapan, perusakan biota laut yang ada di kawasan konservasi tersebut. Dulu nelayan di sana mempunyai perilaku perusak, tapi secara bertahap mereka mulai berubah,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Ikhwan, hingga saat ini secara berkala para nelayan masih eksis memperbaiki dan menambah jumlah karang. Caranya, dengan program adopsi terumbu karang, yang sampai saat ini masih konsisten dilakukan. (Ito/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan