Waspadai Kondisi Cuaca 7 Hari Kedepan

Waspadai Kondisi Cuaca 7 Hari Kedepan
Prakirawan BMKG Banyuwangi, Ibnu Haryo Pramudibyo. (Ito/JN)
Spread the love

Banyuwangi-Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi memprediksi kondisi cuaca di hampir seluruh wilayah kabupaten terujung Timur Pulau Jawa, itu masih akan mengalami cuaca ekstrim. Hal ini ditandai dengan adanya potensi angin kencang juga disertai hujan ringan.

Perlu diwaspadai pula, terjadinya gelombang tinggi terutama di perairan selatan Banyuwangi. Pantauan BMKG, ketinggian gelombang di perairan selatan mencapai 3,5 meter, sedangkan di Selat Bali dikisaran 0,5 – 1,5 meter. Prediksi, kondisi tersebut akan terus terjadi hingga seminggu kedepan.

“Kecepatan angin mencapai 25 Knot atau rata-rata 10-15 Knot. Sementara yang perlu waspada adalah bagi nelayan dan wisata maritim. Khusus untuk nelayan jangan beraktivitas terlalu jauh ke tengah,” jelas Prakirawan BMKG Banyuwangi, Ibnu Haryo Pramudibyo, ditemui JurnalNews.com di kantornya, Kamis (3/8/2017).

Prakiraan cuaca itu juga berlaku hampir menyeluruh wilayah laut Selatan di Pulau Jawa. Namun, kondisi itu berbeda halnya dengan yang terjadi di wilayah Utara Banyuwangi. Menurut Ibnu, BMKG melihat di kawasan Utara cuaca cenderung cerah dan berawan.

“Di wilayah selatan Jawa, memang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dan ada potensi uap air yang terangkat. Tapi kalau di wilayah utara dari satelit masih kondisi cuaca dari satelit cera dan berawan,” terangnya.

Hal itu, kata Ibnu, juga menyebabkan temperatur air laut di wilayah utara Banyuwangi menjadi hangat.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Wilayah Kerja Muncar, Ummu Faridah mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan imbauan kepada nelayan di pelabuhan ikan setempat. Bagi nelayan, utamakan keselamatan melaut, tak perlu memaksakan melaut bila cuaca buruk.

“Jika dalam melaut tiba-tiba cuaca buruk, segera mencari tempat berlindung,” terangnya. (Ito/JN)

 

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan