Perahu Terbalik di Grajagan: 1 Tewas, 3 Selamat dan 1 Hilang

Perahu Terbalik di Grajagan: 1 Tewas, 3 Selamat dan 1 Hilang
Plawangan di laut Grajagan (dok JN)
Spread the love

Purwoharjo-Ombak ganas menghantam dan menenggelamkan perahu nelayan Grajagan berisi 5 nelayan. Musibah ini menyebabkan 1 nelayan meninggal dunia, 3 selamat dan 1 nelayan lagi dinyatakan hilang. Para nelayan setempat bersama petugas masih melakukan pencarian.

Para korban diketahui berasal dari Muncar. Antara lain korban meninggal dunia yaitu, Sariamin (50). Korban yang masih belum ditemukan keberadaannya yaitu Wahyu (50). Dan korban selamat yaitu Sukarji (60), Kamarayun (55) dan Abdurrohman (53).

Kecelakaan laut itu terjadi pada Sabtu (5/8/3017) pukul 14.00 Wib. Kesemua korban berencana melaut dengan menggunakan satu perahu. Namun saat hendak keluar dari mulut teluk atau perairan Plawangan ombak ganas datang dan menghantam perahunya hingga beberapa kali.

“Keterangan saksi mata menyehutkan perahu diihajar ombak beberapa kali. Pertama mesin perahu langsung mati. Dan kemudian datang ombak lagi menerjang hingga kapal terbalik,” kata Kapolsek Purwoharjo, menirukan keterangan para saksi mata, kepada JurnalNews.com.

Melihat ada perahu mengalami kecelakaan, para nelayan berupaya memberikan pertolongan. Mereka beramai-ramai melakukan pencarian meski kondisi gelombang kurang bersahabat. Hingga akhirnya 3 korban berhasil diselamatkan dan 1 orang sudah ditemukan sudah tidak bernyawa.

“Satu orang lagi masih dalam pencarian,” pungkasnya.

Sebelumnya kantor BMKG Banyuwangi telah mengingatkan perihal kondisi cuaca untuk 7 hari kedepan pada, Kamis (3/8/2017). Terutama gelombang tinggi di perairan selatan Banyuwangi. Pantauan BMKG, ketinggian gelombang di perairan selatan mencapai 3,5 meter, sedangkan di Selat Bali dikisaran 0,5-1,5 meter. Prediksi, kondisi tersebut akan terus terjadi hingga seminggu kedepan.

“Kecepatan angin mencapai 25 Knot atau rata-rata 10-15 Knot. Sementara yang perlu waspada adalah bagi nelayan dan wisata maritim. Khusus untuk nelayan jangan beraktivitas terlalu jauh ke tengah,” jelas Prakirawan BMKG Banyuwangi, Ibnu Haryo Pramudibyo. (Ron/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan