Razia Gabungan Sasar Truk ‘Nakal’

Razia Gabungan Sasar Truk ‘Nakal’
Razia lalu lintas di terminal Brawijaya. (Fir/JN)
Spread the love

Banyuwangi-Dinas Perhubungan (Dishub) Propinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lalu Lintas Angkutan Jalan menggelar razia gabungan, menertibkan kendaraan besar seperti truk di terminal Brawijaya Banyuwangi. Razia melibatkan Satuan Lalu Lintas dan Satuan Reskrim Polres Banyuwangi, Polisi Militer TNI AD, Senin (7/8/2017).

Kendaraan  truk yang siang ituj melintas di depan terminal Brawijaya, digiring masuk ke dalam terminal. Petugas memerintahkan sopir untuk menunjukan kelengkapan surat kendaraannya. Bagi kendaraan yang suratnya tidak lengkap atau mati, dikenai sanksi tilang.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian UPT Lalu Lintas Angkutan Jalan Dishub Jatim, Made Pasek Suparta menuturkan, razia tersebut dilakukan guna memastikan kendaraan yang melintas di sepanjang jalan propinsi, sudah memenuhi aturan layak jalan. Sengaja melibatkan satuan reserse kriminal Polres Banyuwangi sebagai antisipasi bila ditemukan pengendara yang membawa senjata tajam atau mereka yang dicurigai pelaku kriminal.

“Ini razia tipe B yang artinya, bilamana ditemukan pelanggaran, akan diberi surat tilang dan mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Banyuwangi. Dilain waktu, Dishub Jatim juga menggelar razia Tipe A yang melibatkan hakim dan jaksa untuk dilakukan sidang di tempat, bagi pengendara yang melakukan pelanggaran,” paparnya, ditemui JurnalNews.com disela razia dilakukan.

KBO Satuan Lalu Lintas Polres Banyuwangi Ipda Ardy Bitha Kumala menambahkan dalam operasi kendaraan gabungan itu, polisi juga merazia kendaraan roda dua. Dalam razia tersebut, polisi berhasil menjaring 45 pengendara yang dikenai sanksi tilang. Baik pengedara roda dua atau truk.  Bagi pengendara roda dua, yang diberikan sanksi tilang karena STNK-nya mati dan tidak memiliki SIM.

“Adapun truk yang terjaring razia dan dikenai sanksi tilang, karena dianggap beratnya melebihi kapasitas serta kelebihan dimensi atau ukuran yang ditetapkan. Bahkan sebagain truk yang terjaring razia, dikarenakan surat KIRnya mati,” katanya. (Fir/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan