Gaji Naik, Kinerja Anggota DPRD Banyuwangi Harus Lebih Baik

Gaji Naik, Kinerja Anggota DPRD Banyuwangi Harus Lebih Baik
Ilustrasi. (Dok JN)
Spread the love

Banyuwangi-Pendapatan bulanan anggota DPRD Banyuwangi dipastikan akan mengalami kenaikan hingga 7 kali lipat dari sebelumnya. Kenaikan gaji para wakil rakyat itu, seiring pengesahan Raperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi, pada Senin (14/8/2017) kemarin.

Pengesahan Raperda menjadi Perda itu menindaklanjuti turunnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD. Dalam PP tersebut, mengamanatkan kenaikan tunjangan uang representatif dan pemberian tunjangan baru yang cukup signifikan yang diterima pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi.

Pengesahan raperda itu sendiri dilakukan melalui rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wakil Bupati Banyuwangi (Wabup) Yusuf Widyatmoko, serta Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Djajat Sudrajat.

“Sesuai amanat PP Nomor 18 Tahun 2017, penghasilan pimpinan dan anggota dewan meliputi uang representasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan alat kelengkapan, dan tunjangan alat kelengkapan lain,” jelas juru bicara Pansus Raperda hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi, Syahroni

Dia mengatakan, pengaturan Perda atau Peraturan Kepala Daerah tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD harus menyesuaikan paling lambat tiga bulan setelah PP Nomor 18/2017 itu diundangkan. Dia berharap kenaikan hak keuangan anggota dewan ini bisa segera terealisasi mulai September depan.

“Karena kenaikan uang representasi dewan juga bertujuan untuk memacu kinerja anggota dewan sendiri dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat,” imbuhnya.

Meski Perda itu telah disahkan, belum diketahui nominal pasti jumlah  penghasilan yang dibawa pulang atau take home pay yang diterima para anggota dewan.

Informasi menyebutkan, uang representasi anggota dewan saat ini sebesar Rp 2 juta. Kedepan bakal naik hingga 7 kali lipat. Namun dalam perda yang baru disahkan tersebut, tidak mengatur  besaran nominal anggaran. Karena nominal tunjangan itu akan diatur lebih lanjut pada Peraturan Bupati (Perbup).

Disamping itu para pimpinan dan anggota legislatif juga akan menerima tunjangan komunikasi intensif dan tunjangan reses. Tunjangan komunikasi intensif dan tunjangan reses diberikan sesuai dengan kemampuan daerah. Sedangkan tunjangan reses diberikan kepada pimpinan dan anggota dewan setiap melaksanakan reses Dan anggota dewan juga berhak menerima tunjangan jabatan.

Selebihnya, anggota DPRD Banyuwangi juga akan menerima tunjangan alat anggota yang duduk dialat kelengkapan seperti Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Komisi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan (BK), maupun alat kelengkapan yang lain. (Fir/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan