Petugas Lapas Diminta Untuk Tidak Lakukan Pungli

Petugas Lapas Diminta Untuk Tidak Lakukan Pungli
Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Timur Susy Susilowati.
Spread the love

Banyuwangi-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Jawa Timur meminta seluruh petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) untuk meningkatkan sejumlah sektor pelayanan dan kinerjanya. Petugas Lapas juga diminta menjaga kredibilitas dengan tidak terlibat narkoba dan pungli.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum HAM Jawa Timur Susy Susilowati. Menurutnya saat ini diperlukan niat kuat dari para petugas lapas untuk menghin praktik menyimpang. Seperti penyalahgunaan narkoba dan melakukan pungutan liar kepada warga binaan.

“Saya berharap tidak ada lagi petugas Lapas yang terlibat penyalahgunaan narkoba,” tegasnya, saat kunjungan kerja di Banyuwangi, akhir pekan lalu.

Dia bercermin pada kasus oknum petugas Lapas Kelas II B Banyuwangi, bernama Jony yang ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Banyuwangi pada 4 Januari 2017 lalu. Oknum tersebut ditangkap di depan Lapas Banyuwangi atas  dugaan kepemilikan narkoba jenis sabu.

Kasus itu, lanjut Susy, sangat berdampak negatif terhadap citra Kemenkum HAM Jawa Timur di mata nasional. Dia khusus datang ke Banyuwangi minta agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Petugas lapas dihimbau lebih memilih hidup sederhana dan tidak memilih gaya hidup mewah.

“Mulai saat ini yang diperlukan adalah peningkatan pelayanan kinerja dan integritas petugas Lapas, untuk melakukan pembinaan terhadap para tahanan ataupun narapidana,” katanya mengingatkan.

Di kesempatan itu,  dia  juga memuji metode pembinaan yang dilakukan terhadap penghuni Lapas Banyuwangi yang berbasis pesantren dan keterampilan. Karena metode itu terbukti mampu membekali para tahanan dan narapidana dengan keahlian sebelum kembali ke masyarakat.

“Itu bernilai positif,” lanjutnya.

Memang Lapas Banyuwangi, memberdayakan warga binaan untuk membuat kerajinan tangan dan budidaya ikan tawar. Bahkan hasil kerajinan warga binaannya dikirim ke luar negeri. (Fir/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan