Turiman Mengaku Mencuri 263 Kg Buah Naga Sendirian

Turiman Mengaku Mencuri 263 Kg Buah Naga Sendirian
Pelaku saat ditangkap di rumahnya. (Ron/JN)
Spread the love

Cluring-Siyono warga Dusun Tanjungrejo Desa Sembulung berang saat melihat kebun buah naganya dibobol pencuri. Apalagi pencuri itu sudah memanen paksa buah naganya sebanyak 13 kantong plastik berukuran besar. Saat dipergoki, pelaku yang belakangan dikenali korbannya itu melarikan diri, Selasa (15/8/2017) lepas dinihari.

Total kerugian yang dialami korban lebih dari Rp 4 juta. Total buah naga yang dicuri sebanyak 13 kantong plastik itu saat ditimbang mencapai 263 kilogram (kg). Dimana harga buah naga saat ini mencapai Rp 17 ribu/kg.

Kejadian itu sendiri bermula saat Siyono dan dua temannya, yaitu Junaidi dan Goji, sedang patroli di kebun buah naga masing-masing. Mereka berpatroli bersama karena kebunnya berdekatan. Patroli dilakukan mengingat saat ini harga buah naga dipasaran sedang mahal. Bahkan, para petani buah naga disana kerap tidur di kebunnya pada malam hari.

“Diwilayah kami sering terjadi pencurian buah naga, makanya kami bersama-sama lakukan patroli. Bahkan sampai tidur di kebun,” ujar Siyono, Rabu (16/8/2017).

Nah, pada saat patroli itu lah ketiga orang tersebut melihat 7 kantong plastik berisi buah naga yang sudah berada di luar pagar kebun Siyono. Melihat pemandangan janggal, ketiga petani itu memutuskan untuk memantau dari kejauhan. Tak berselang lama muncul seseorang dari dalam kebun Siyono dengan membawa kantong plastik berisi buah naga.

”Saya senteri muka orang itu, sangat jelas sekali saya lihat mukanya kalau itu warga Dusun sebelah yaitu Turiman,” tuturnya.

Karena terkejut pencuri tersebut melarikan diri. Siyono dan kedua temannya memutuskan untuk memeriksa ke dalam kebun dan menjumpai banyak kantong plastik berisi buaha naga lainnya. Kejadian ini dilaporkan ke Kepala Desa setempat pada esok pagi harinya.

“Turiman kita tangkap di rumahnya di Dusun Krajan, saat ditangkap dia sedang tidur,” jelas Kanit Reskrim Polsek Cluring Ipda Hariyanto, ditemui di kantornya.

Turiman sendiri mengakui perbuatannya saat diperiksa di Polsek Cluring. Menurutnya, dia masuk ke kebun Siyono dengan cara merusak pagar seorang diri. Selanjutnya memetik buah naga dengan gunting pemotong rumput yang sudah dipersiapkan dari rumahnya.

“Dia mengakui perbuatannya, kita tetapkan sebagai tersangka atas dugaan pelanggaran pasal 363 KUHP,” pungkasnya. (Ron/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan