Desa Kradenan Bersiap Merdeka dari Sampah

Desa Kradenan Bersiap Merdeka dari Sampah
Kepala Desa Kradenan Hadi Suharno berpose di armada bank sampah. (Irl/JN)
Spread the love

Purwoharjo-Pemerintah Desa (Pemdes) Kradenan menyiapkan rencana untuk pengelolaan sampah rumah tangga warganya. Pemdes setempat tengah menyiapkan bank sampah yang nantinya akan dikelola BUMDes. Persiapannya sendiri sudah mencapai 90 persen. Awal September program ini sediakanya akan diluncurkan.

Kepala Desa Kradenan Hadi Suharno mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan sebagai tempat penampungan sampah akhir (TPA). Lokasinya berada di Dusun Perangan, berdekatan dengan pasar hewan ternak. Status lahan merupakan tanah milik desa. TPA nantinya akan dilengkapi dengan alat pengolahan sampah yang nantinya bisa menghasilkan produk.

“Kita akan pisahkan sampah organik dan anorganik. Yang organik akan kita olah menjadi pupuk. Pupuk ini nantinya bisa dipakai petani disini. Adapun sampah anorganik akan kita pilah lagi, untuk bahan kerajinan dan lainnya,” katanya saat ditemui JurnalNews.com, di kantornya, Senin (21/8/2017).

Selain lahan, Pemdes Kradenan juga telah menyiapkan armada pengangkut sampah. Untuk saat ini sudah disiapkan armada motor roda tiga dengan bak pengangkut sampah bercat kuning. Armada ini akan bertugas dua kali dalam sehari dalam mengambil sampah. Yakni, pagi dan sore. Petugas pengambil sampah sendiri juga sudah disiapkan.

“Armada sudah siap, begitu juga dengan petugasnya. Intinya teknis kita sudah siap tinggal pelaksanaannya saja,” tambahnya.

Bank sampah dicetuskan sebagai solusi persoalan sampah yang selama ini menjadi beban. Diharapkan dengan program tersebut, masyarakat Desa Kradenan bisa mengerti bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomis bila dikelola. Yang lebih penting, masyarakat juga sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

“Kita siapkan juga Perdes tentang sampah. Doakan saja, awal September ini program bank sampah mulai berjalan,” pungkasnya. (Irl/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan