oleh

Festival Gending Using 2023 Makin Diminati Peserta Remaja Banyuwangi

Festival Gending Using Se Kabupaten Banyuwangi digelar di dua tempat sebagai tempat audisinya yaitu untuk wilayah zona selatan diadakan di Radio Bintang Tenggara FM dan untuk zona Utara di adakan di Radio Blambangan FM yang diselenggarakan sejak tanggal 15 Juli 2023 dengan jumlah peserta 151 orang .

Festival Gending Using ini Terselenggara atas kerja rutin setiap tahun dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyuwangi, untuk semi finalnya diselenggarakan pada hari ini Sabtu 29/7/2023 di Amphitheater Radio Blambangan FM dengan menampilkan 10 finalis putra diantaranya adalah :

Arvin F – Glagah, Dimas E – Pesanggaran, Febri E – Srono, Krisna F – Genteng, M Khoiri-Songgon, Pandi B-Glagah, Prio T-Glenmore, Restu Pinanggih- Purwoharjo, Yogi Indrawan-Muncar, Yogi YS-Bangorejo

10 Finalis Putri :
Afilah HS Purwoharjo, Aziska DC Wongsorejo, Dewi Rahma KF Cluring, Gadhiza Z Cluring, Laily Suci Glagah, Nala Kencana W Banyuwangi, Niluh Julia R Tegalsari, Norina Riskyandra D Banyuwangi, Novita Nurul F Rogojampi dan Shafilo Kezya E Kalipuro.

IMG-20230729-WA0046

Nafi Ferdian St Mt selaku penyelenggara Festival Gending Using mengatakan “Tujuan dari penyelenggaraan Festival Gending Using adalah turut melestarikan lagu lagu asli Banyuwangi yakni Gending Gending Using dan juga bertujuan untuk mencari bibit bibit baru. Oleh karena nya Panitia selain melibatkan remaja sebagai peserta, kita selenggarakan juga kategori anak anak yang audisinya besok pada tanggal 12 Agustus 2023.

Festival Gending Using tahun 2023 adalah yang ke lima kalinya, pertama diadakan pada tahun 2017 kemudian tahun 2018. 2019 dan untuk tahun 2020 – 2021 tidak diselenggarakan karena adanya pamdemi kovid 19 dan diadakan lagi pada tahun 2022 dan sekarang 2023 yang kelima kalinya.

Nafi melanjutkan “Hari ini kita akan mencari 5 orang finalis pria dan 5 orang finalis putri terbaik untuk merebut tiket grand final. Malam Grand final kita selenggarakan di Gesibu Taman Blambangan besok pada tanggal 26 Agustus 2023, ” cetusnya.

IMG-20230729-WA0047

Ahmad Yani selaku pengamat Musik dan juga sebagai Ketua Komunitas Osing Pelestari Adat Tradisi (Kopat) cabang kota mengatakan disela sela acara .

“Kegiatan Festival Gending Using ini merupakan kegiatan yang sangat bagus dan bertujuan tidak hanya sekedar hiburan tetapi juga ajang pencarian bibit generasi muda yang berbakat di bidang seni suara khususnya lagu lagu Asli Banyuwangian, ” katanya.

Kang Yani menambahkan “Kegiatan Festival Gending Using ini, akan melahirkan bakat yang potensial di bidang seni suara khususnya Lagu Daerah karena Mencintai lagu daerah merupakan wujud nyata dari kecintaan kita pada daerah Banyuwangi sebab Banyuwangi dihuni oleh berbagai ragam suku dan etnis yang kesemuanya memiliki identitas termasuk Lagu Daerah, ini perlu kita lestarikan sebagai sebuah kearifan lokal sekaligus menjadi spirit bagi kita semua untuk membangun harmoni dan kolaborasi dalam mewujudkan visi pembangunan Banyuwangi yang berlandaskan Agama dan Budaya,” tambahnya.
(AWI).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *