oleh

Kunjungan BPK di Desa Karangbendo Rogojampi

BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Republik Indonesia, merupakan lembaga yang bertugas melakukan pemeriksaan atas pengelolaan keuangan negara. Salah satu objek pemeriksaan BPK adalah perangkat desa yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat lainnya yang bertugas mengelola keuangan dan administrasi desa.

Pada kesempatan itu, dihadiri oleh BPK perwakilan Jawa Timur,  perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Inspektorat kabupaten Banyuwangi, Kepala desa beserta jajarannya, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, serta petugas pendamping desa.

Kepala desa Karangbendo Budiharto, S.H. dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada BPK RI perwakilan provinsi Jawa Timur (Ibu Dani, Andriyan, dan Niken), disamping itu Budiharto juga menjelaskan terkait pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa, serta potensi-potensi yang ada di desa Karangbendo.

“Selamat datang kepada tim BPK RI pengelolaan Dana Desa di Karangbendo ini menurut kami sudah baik,potensi didesa kami ini ada juga wisata yang perlu dikelola, dengan ini kami juga butuh bimbingan kepada BPK yang terhormat, ” harapnya.

Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur menjelaskan (Ibu Dani) mengenai “Tujuan pemeriksaan kinerja yaitu dengan
melihat dari sisi kinerja pemerintah mulai dari desa hingga nanti di pusat, karena ini memang pemeriksaan yang sistematis di seluruh Indonesia dengan mengambil titik di beberapa desa yang ada di kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, dan fokus kami pada pemeriksaan kali ini adalah melihat bagaimana kinerja pemerintah, terutama dalam membangun desa terpadu, contohnya sekarang ini di desa karangbendo kami melihat bagaimana kinerja pemerintah dalam mengembangkan wisata kemudian juga bagaimana cara untuk mengembangkan digitalisasi di desa ini, dan yang terakhir tentang batas desa.” Jelasnya.

Lalu, Suhri selaku Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Banyuwangi menuturkan terkait tujuanya selaku pendamping BPK yaitu monitoring dan evaluasi sejauh mana Desa Karangbendo ini didalam mengelola keuangan dan apa saja kendalanya.

“Kami dari dinas mendampingi dari tim BPK RI perwakilan provinsi Jawa Timur, di desa Karangbendo dalam rangka evaluasi kinerja pemerintah desa mulai dari tahun 2021 sampai dengan 2023 semester 1. Ada beberapa desa yang sudah dikunjungi oleh tim BPK mulai dari Desa Kemiren, Desa Kampunganyar, Desa Banjar, Desa Licin, dan hari ini di desa Karangbendo. Jadi tujuan adanya kegiatan ini sebagai sarana evaluasi kinerja pemerintah desa yang sudah dilaksanakan, jadi ingin tau sejauh mana pencapaiannya yang sudah dikerjakan dan apa saja kendala-kendala yang ada dalam proses pengerjaannya.” Pungkasnya.

Rapat BPK dengan perangkat desa ini diharapkan dapat menjadi forum komunikasi yang efektif antara pemeriksa dan pihak yang diperiksa. Selain itu, rapat ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan pemahaman perangkat desa mengenai tugas dan tanggung jawab mereka dalam pengelolaan keuangan dan administrasi desa.

“Dengan adanya rapat ini, diharapkan kinerja perangkat desa dalam pengelolaan keuangan dan administrasi desa dapat ditingkatkan sehingga pemerintah desa dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” harapan Suhri.
(Ilham S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *