oleh

Transisi Kepemimpinan di Desa Tamanagung: Seremoni Peralihan Jabatan Purna Tugas

BANYUWANGI, Jurnalnews – Warga Desa Tamanagung menyaksikan sebuah peristiwa istimewa, yaitu seremoni peralihan jabatan purna tugas Pejabat Pelaksana (PJ) dari Ir. Sugiono kepada Drs. Suharto, yang kini menjabat sebagai kepala desa Tamanagung. Kemenangan Drs. Suharto dalam pemilihan kepala desa adalah momen bersejarah, di mana ia berhasil mengalahkan dua kandidat lain dengan perolehan suara terbanyak.

Dalam suasana yang hangat, hadir banyak tokoh dan pemimpin masyarakat, seperti anggota BPD Desa Tamanagung, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PKK, Ketua Pustu beserta stafnya, LPMD, Puldatan, RT – RW dari seluruh Desa Tamanagung, Panitia PAW, Panitia HUT RI, serta dihormati dengan kehadiran tokoh agama. Seluruh lapisan masyarakat turut hadir untuk memeriahkan acara ini, menciptakan momen yang istimewa bagi warga setempat.

Foto : Staf Desa Tamanagung menjadi Among tamu di acara seremoni sartijab di pendopo desa Tamanagung. (Doc. Istimewa).
Foto : Staf Desa Tamanagung menjadi Among tamu di acara seremoni sartijab di pendopo desa Tamanagung. (Doc. Istimewa).

Kepala Desa Tamanagung, Drs. Suharto, dengan penuh keyakinan menjelaskan bahwa acara di pendopo desa merupakan sebuah simbol transisi kepemimpinan yang menghubungkan masa lalu dan masa depan. Ini adalah momen yang menggambarkan kontinuitas antara para pengabdi masyarakat yang dialami dengan generasi penerus yang akan mengabdikan diri untuk kebaikan desa.

“Tadi, kami melaksanakan serah terima jabatan. Mohon doanya agar kami dapat menjalankan tugas-tugas di Desa Tamanagung ini dengan penuh amanah. Kami bertekad untuk menciptakan kesejahteraan dan kerukunan di antara masyarakat Tamanagung. Jika hubungan masyarakat harmonis, kami yakin menjalankan tugas sebagai kepala desa akan berjalan dengan lebih baik,” jelasnya.

Ia juga menambahkan,”Jika hubungan antara warga dan pemerintah desa harmonis, maka proses pembangunan, baik secara fisik maupun pemanfaatan sumberdaya masyarakat akan berjalan lancar tanpa hambatan. Kami percaya bahwa segala permasalahan akan segera teratasi. Kami masih melihat adanya ketimpangan dalam pembangunan fisik maupun pemanfaatan sumber daya manusia. Kedepan hal tersebut akan segera kami selesaikan,” kata Kades Suharto.

Foto : Acara sakral dan bersejarah, Serah terima jabatan di pendopo desa Tamanagung. Kecamatan Cluring. (Doc. Istimewa).
Foto : Acara sakral dan bersejarah, Serah terima jabatan di pendopo desa Tamanagung. Kecamatan Cluring. (Doc. Istimewa).

Menurutnya, isu-isu di masyarakat membutuhkan perhatian serius. Ketika harmoni merajai masyarakat, segala kegiatan pemerintah desa akan berjalan lancar. Tidak hanya itu, ketika terdapat permasalahan dalam masyarakat, setidaknya ditangani melalui tahapan seperti ke RT, RW, Kadus dulu sebelum Kepala Desa bisa membantu menanganinya.

Suasana sartijab semakin terasa hangat dan penuh semangat ketika acara ditutup dengan hiburan musik orgentunggal (elekton). Para tamu undangan memasuki area santai untuk menikmati waktu bersama sambil menikmati hidangan. Penyanyi membawakan lagu-lagu daerah dengan suara merdu, mampu menghapus keraguan masyarakat mengenai ketidakharmonisan. (Ron//JN).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *