Ansor dan Banser se Jawa Timur Doa Bersama di Monumen Pancasila Jaya

Ansor dan Banser se Jawa Timur Doa Bersama di Monumen Pancasila Jaya
Doa bersama-Ansor dan Banser se Jawa Timur saat berdoa bersama di monumen Pancasila Jaya Dusun Cemetuk Desa/Kecamatan Cluring. (Ron/Jn).
Spread the love

Cluring-Rombongan Ansor dan Banser se Jawa timur menggelar berkunjung ke Lubang Buaya (monumen Pancasila Jaya) Dusun Cemetuk Desa/Kecamatan Cluring. Acara itu bagian dari napak tilas keliling Jawa Timur, yang dimulai dari Banyuwangi, Probolinggo, Pasuruan, Malang, Blitar, Tulungagung dan berakhir di Kediri.

Monumen Pancasila Jaya disinggahi karena disana bersemayam jasad para anggota Ansor yang dibantai PKI pada 18 Oktober 1965. Saat itu, 62 anggota Ansor dibantai dan dikubur dalam tiga lubang yang berbeda namun masih dalam satu lokasi. Sebab itu juga, monumen Pancasila Sakti itu dianggap tempat bersejarah bagi Ansor.

“Acara ini dalam rangka Harlah Ansor ke 83 kita adakan kegiatan napak tilas ke wilayah Jawa Timur, dengan singgah ke tempat-tempat bersejarah bagi Ansor. Sebelumnya kita kumpul di kantor PWNU Jawa Timur, Surabaya,” jelas Wakil Komandan Banser Jawa Timur, Ali Murtodo, ditemui di lokasi, Rabu (17/5/2017).

Saat tiba di lokasi, rombongan Ansor dan Banser menyempatkan untuk mengabadikan tempat bersejarah tersebut. Kemudian dilanjutkan doa bersama bagi para arwah Ansor yang mati syahid dengan dipimpin Ansor PAC Cluring.

“Dzikir bersama untuk mendoakan para arwah korban kekejaman PKI. Semoga tidak ada lagi korban seperti ini,” tambahnya.

Sebelumnya, rombongan Ansor dan Banser juga singgah di masjid Lateng, Banyuwangi untuk bertemu Kyai Sholeh. Sesuai jadwal, seusai doa bersama di monumen Pancasila Sakti, acara akan dilanjutkan ke Pondok Pesantren Mambadul Iksan di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. (Ron/Jn)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan