Safari Jumat ala Binmas Polsek Purwoharjo, Apa Itu?

Safari Jumat ala Binmas Polsek Purwoharjo, Apa Itu?
Kanit Binmas Purwoharjo, Aiptu Sunardi saat sosialisasi di salah satu masjid Desa Kradenan. (Ron/JN)
Spread the love

Purwoharjo-Polsek Purwoharjo mempunyai cara tersendiri untuk melakukan sosialisasi dan pendekatan untuk menekan angka kriminalitas. Melalui Unit Bimbingan Masyarakat-nya (Binmas), Polsek Purwoharjo melakukan safari Jumat. Apa itu? Sesuai dengan namanya, safari Jumat ini dilakukan tiap hari Jumat, bersosialisasi dari masjid ke masjid dengan meminta waktu kepada takmir masjid.

Kepala Unit Binmas Polsek Purwoharjo, Aiptu Sunardi menjelaskan, sosialisasi ini berisi ajakan kepada masyarakat untuk selalu menjaga situasi dan kondisi agar selalu kondusif. Metaati norma agama serta tidak melawan hukum negara. Bagi orang tua yang memiliki anak usia remaja untuk selalu menjaga agar anak-anaknya agar tidak terlibat narkoba.

“Juga kami himbau kepada para orang tua untuk tidak membiarkan anak-anaknya yang usia sekolah mengendarai sepeda motor, seperti saat berangkat ke sekolah,” jelasnya, ditemui JurnalNews.com, usai sosialisasi di salah satu masjid yang ada di Desa Krandenan, Jumat (28/7/2017).

Sosialisasi ini, tambahnya, sebagai salah satu upaya pencegahan sekaligus untuk menekan angka kriminal teruma dikalangan anak muda. Masyarakat perlu diberi pemahaman agar ikut andil, minimal pencegahan secara dini di lingkup keluarganya. Mengingat tidak sedikit anak usia remaja yang terlibat dalam tindak pidana, seperti pemakai narkoba maupun angka kecelakan lalu lintas .

“Kami tidak jemu untuk selalu berkeliling ke desa-desa  pada hari jumat karena disitu (Masjid) tempat masyarakat berkumpul untuk menunaikan ibadah sholat Jumat,” pungkasnya.

Kegiatan ini disambut baik para takmir masjid yang ketempatan safari Jumat. Justru mereka mendukung upaya pencegahan yang dilakukan polisi. Terlebih isi sosialisasi sejalan dengan ajaran agama Islam, yang melarang umatnya untuk berbuat jahat dan terlibat kejahatan. (Ron/JN)

 

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan