Tanaman Hias Percantik Wajah Desa Kebondalem

Tanaman Hias Percantik Wajah Desa Kebondalem
Warga Kebondalem saat gotong royong menanam tanaman hias di sepanjang jalan desa. (Ron/JN)
Spread the love

Bangorejo-Tanaman hias bermacam jenis mulai terlihat ditanam di sepanjang jalan di pemukiman-pemukiman Desa Kebondalem. Selain mempercantik wajah desa, tanaman hias ini juga mencipatakan kesan asri. Sebab itu pula, Desa Kebondalem terpilih menjadi perwakilan desa di Kecamatan Bangorejo dalam lomba Desa Berseri 2017.

Kepala Desa Kebondalem, Ikhsan menuturkan, jauh hari sebelum terpilih menjadi perwakilan  lomba, pihaknya memang menghimbau kepada masyarakatnya untuk menciptakan wajah desa yang asri serta bersih.  Himbauan itu diteruskan  dengan membentuk Kaderi Lingkungan yang bertugas mengajak warga menanam tanaman hias disepanjang jalan masuk menuju pemukiman.

“Bahkan setiap Ketua RT saya minta untuk mendata jenis tanaman hias yang sudah ditanam. Kader lingkungan ini yang bertugas menjadikan wajah desa menjadi indah, bersih dan lestari,” katanya, ditemui JurnalNews.com, Jumat (28/7/2017).

Kepala Desa Kebondalem, Ikhsan (sebelah kanan) ikut serta dalam penanaman tanaman hias. (Ron/JN)

Kepala Desa Kebondalem, Ikhsan (sebelah kanan) ikut serta dalam penanaman tanaman hias. (Ron/JN)

Menurutnya, ada dua lingkungan RT yang menjadi percontohan. Yakni RT 02 RW 01 dan RT 05 RW 01 di Dusun Tanjungrejo. Di kedua titik percontohan itu telah ditanam sekitar 30 jenis tanaman hias. Seperti Puring, Beras Kutah, Kembang kertas dan jenis lainnya. Pihaknya melarang warga menanam buah naga di tepi jalan karena bisa mengganggu orang yang lewat.

“Buah naga tidak boleh karena durinya bisa membahayakan orang yang lewat,” imbuhnya.

Disamping menanam tanaman hias, pihak desa juga mewanti masyarakat untuk selalu kerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan.  Bagi yang beternak untuk selalu memperhatikan kebersihan ternak dan kandangnya agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Tentu saja hal itu berkaitan dengan kesehatan bersama.

Tim juri lomba Desa Berseri saat di kantor Desa Kebondalem. (Ron/JN)

Tim juri lomba Desa Berseri saat di kantor Desa Kebondalem. (Ron/JN)

Pada Kamis (27/7/2017) kemarin, tim juri lomba Desa Berseri 2017 melakukan penilaian dengan mengunjungi dua lingkungan RT tersebut. Meski dalam suasana hujan, namun kedatangan tim juri tetap disambut antusias masyarakat setempat. Bahkan, Kepala Desa Bangorejo, Ikhsan, Camat Bangorejo, Didik Joko Suhono beserta tim juri rela untuk diuyur hujan selama dalam penilaian di lapangan.

Sebelum ke lapangan, tim juri berada di kantor Desa Kebondalem untuk melakukan wawancara kepada para Kader Lingkungan Desa Kebondalem dan Kepala Desanya. Pada kesempatan itu, tim juri dibuat terhipnotis dengan Yel-yel kader lingkungan yang mengadopsi irama lagu perjuangan “Maju tak gentar”.

“Yel-yelnya bagus, penuh semangat dan liriknya masuk sesuai tema lomba,” puji salah satu juri lomba Desa Berseri, yang disusul dengan tepuk tangan meriah. (Ron/JN)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan