Kadus se-Kecamatan Purwoharjo Kompak Jogo Deso

Kadus se-Kecamatan Purwoharjo Kompak Jogo Deso
Kanit Binmas Polsek Purwoharjo, Aiptu Sunardi saat berikan sosialisasi di pertemuan para kadus se Kecamatan Purwoharjo. (Ron/JN)
Spread the love

Purwoharjo-Kepala Dusun (Kadus) se Kecamatan Purwoharjo, yang tergabung dalam “Paguyuban Kadus seKecamatan Purwoharjo” terbilang sangat kompak. Meski beda desa tapi mereka punya satu misi yang sama. Yakni menciptakan lingkungan di Kecamatan Purwoharjo yang kondusif. Paguyuban ini bersinergis dengan pemangku wilayah di Kecamatan setempat.

Sebab itu di dalam paguyuban ada unsur dari Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka). Diantaranya Polsek Purwoharjo (Unit Bimbingan Masyarakat-Binmas), Koramil serta dari Kantor Camat  setempat. Mereka menjadi pembina di paguyuban tersebut. Hari ini, Senin (31/7/2017) giliran pertemuan di rumah Kadus Sumber Rejeki Desa Sumberasri, Subaryo. Biasanya pertemuan membahas tema yang dibawa dari Forpimka.

“Hari ini kita sosialisasi ke para Kepala Dusun soal angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak usia sekolah. Dimana kita minta para orang tua melalui Pak Kadus, untuk pro aktif mencegah anaknya mengenderai motor. Juga kita sampaikan soal bahaya narkoba dan miras,” kata Kepala Unit Binmas Polsek Purwoharjo, Aiptu Sunardi, ditemui usai acara.

Kepala Desa Sumberasri, Sukadiyanto. (Ron/JN)

Kepala Desa Sumberasri, Sukadiyanto. (Ron/JN)

Kepala Desa Sumberasri, Sukadiyanto, ditemui saat menghadiri pertemuan menambahkan, paguyuban Kadus ini sudah memasuki perjalanan tahun ketiga. Dengan agenda pertemuan satu bulan dua kali. Intensitas pertemuan dibuat demikian untuk menjaga kekompakan yang sudah terbangun dengan baik. Tempat pertemuan akan digilir dari rumah ke rumah masing-masing Kadus di Kecamatan Purwoharjo yang berjumlah 33 orang.

Didalam maupun diluar forum para Kadus akan saling bertukar informasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Dia mencontohkan apabila ada warga Sumberasri yang kebetulan tertimpa masalah di desa lainnya di Kecamatan Purwoharjo, maka akan diinformasikan ke Kadus dimana kadus itu menjabat.

“Sehingga kami bisa merespon sesegera mungkin untuk membantu warga kami itu. Intinya kami saling menjaga dan kerjasama agar wilayah Kecamatan Purwoharjo bisa kondusif,” imbuh pria yang juga mantan Kadus tersebut.

Dia mengaku merasakan manfaat positif selama paguyuban Kadus tersebut ada. Terutama dalam menjaga lingkungan desa agar tetap menjadi kondusif. Sebab itu dia berpesan kepada para Kadus untuk terus memupuk kekompakannya. “Sangat efektif paguyuban ini, manfaatnya sangat terasa di masyarakat,” pungkasnya. (Ron/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan