oleh

Pemburu Tawon Ndas, Ngaku Tidak Mudah Mendapatkan Sarang

GAMBIRAN – Tawon ndas sering di sebut oleh orang jenis tawon yang paling sangar, dinamai tawon ndas karena jika ia menyerang manusia, ia sering mengincar bagian ndas alias kepala. Minggu (18/11/2018).

Tawon Endas biasa hidup dihutan dan di kebun, tidak jarang mereka membuat sarang juga diperkarangan rumah.

Tawon ini adalah jenis tawon agresif, mereka akan dengan mudah menyerang siapa saja yang berani mengusik sarang mereka.

Proses mediasi tidak akan berlaku bagi mereka. Baginya siapa pun yang mengusik ketenangan dan ketenteraman sarang mereka, halal kulitnya untuk disengat.

Ternyata keganasan tawon itu sebagian orang ada yang suka rasanya. Jika dimasak ternyata lejat sekali. Selain nikmat kandungan gizi tawon ndas mampu menaikkan stamina kaum pria.

Berburu tawon Endas tidak mudah selain orangnya harus berani, juga mencarinya ditempat yang terkadang susah dijamah.

Seperti warga desa Purwodadi kecamatan Gambiran Banyuwangi Herman, ia mencari Tawon Endas bersama teman temannya harus menyusuri sungai Setail yang lebat akan tanaman bambu dan pohon liar bak hutan.

“Begini ini cara nyarinya tawon Endas, tidak mudah penuh tantangan dan resiko,” kata Herman saat ditemui wartawan.

“Caranya, selain harus dibakar dulu disekitar sarang guna menghindari serangan, salah satu pemburu harus memanjat pohon karena sarang mereka mesti diketinggian,” terang Herman.

Cara masak tawon Endas jika orang suku Osing di bumbu seperti ayam Kesrut yaitu bumbu uyah Asem, tawon yang warnanya hitam itu hanya digoreng kering. (Rony).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *