oleh

Gemilang! PT Bumi Suksesindo Sabet 4 Kategori GMP Award 2023

BANYUWANGI, Jurnalnews – PT Bumi Suksesindo (PT BSI), perusahaan tambang mineral di Banyuwangi, meraih penghargaan prestisius setelah berhasil mencatat lebih dari 20 juta jam kerja tanpa kecelakaan Lost Time Injury (LTI) pada pertengahan tahun 2023.

Prestasi ini menunjukkan komitmennya dalam menerapkan pertambangan ramah lingkungan melalui praktik pertambangan yang optimal, dikenal dengan sebutan Good Mining Practice (GMP).

PT Bumi Suksesindo, anak perusahaan dari PT Merdeka Copper Gold Tbk, meraih prestasi gemilang dengan memenangkan empat kategori dalam GMP Award 2023. Keempat kategori tersebut mencakup Pengelolaan Teknis Pertambangan (Pratama), Konservasi Pertambangan (Pratama), Perlindungan Lingkungan Pertambangan (Pratama), serta Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan (Pratama).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) kepada para pelaku investasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat, 29 September 2023.

General Manager of Operations PT BSI, Roelly Franzsa, menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan penerapan kaidah teknik pertambangan yang lebih baik di Operasi Tujuh Bukit (TBO). Dalam rangka mencapai hal ini, PT BSI telah menyiapkan berbagai perangkat pendukung yang komprehensif.

“Sejalan dengan nilai perusahaan, kami akan terus bertumbuh (Growth) dari waktu ke waktu dengan penuh tanggung jawab, taat aturan, berwawasan lingkungan, mengedepankan keselamatan dan berperan besar dalam pengembangan serta pemberdayaan masyarakat,” jelasnya. Minggu (1/10/2023).

Menurutnya, perusahaan telah mengimplementasikan sistem manajemen keselamatan kerja yang terintegrasi. Pendekatan ini melibatkan penerapan Risk and Opportunity Management (ROM) di TBO. Dengan menerapkan manajemen keselamatan kerja yang terintegrasi, Roelly berharap tingkat perlindungan keselamatan kerja dapat meningkat secara efektif dan optimal.

Di bidang perlindungan lingkungan, PT BSI terus berupaya melakukan perbaikan. Khususnya, kinerja dalam pelaksanaan reklamasi menjadi bukti komitmen penuh perusahaan terhadap pengelolaan lingkungannya. Hal ini tergambar dari pencapaian progres reklamasi seluas 67,69 hektare yang berhasil direhabilitasi sejak 2016 hingga Agustus 2023.

“PT BSI menerapkan reklamasi progresif, yaitu reklamasi yang dilakukan begitu satu area selesai digunakan tanpa menunggu seluruh operasi tambang selesai dilakukan,” kata Roelly.

Penghargaan GMP Award 2023 diberikan oleh Kementrian ESDM kepada badan usaha pertambangan dengan tujuan memotivasi kegiatan pertambangan yang bertanggung jawab, optimal dalam pengelolaan sumber daya mineral dan batu bara, berwawasan lingkungan, dan mengutamakan keselamatan demi kemakmuran masyarakat. Diberikan kepada pemegang KK, PKP2B, IUP, IUPK, dan IUJP.

Ajang GMP Award 2023 adalah evaluasi kinerja 394 badan usaha pertambangan selama 2022 oleh Kementrian ESDM. Prestasi ini menegaskan komitmen tinggi PT BSI dalam pertambangan ramah lingkungan dan penerapan Good Mining Practice (GMP), membawa kebanggaan untuk Banyuwangi di sektor investasi. (Ron//Tm//JN).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *