oleh

Revitalisasi Nilai-nilai Budi Pekerti, SDN Karangrejo 02 Gelar Kegiatan Mendongeng dalam Rangka Hari Pahlawan

Jember, Jurnalnews – Jumat, 17 November 2023. UPTD SATDIK SDN Karangerjo 02 mengadakan kegiatan mendongeng dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Kegiatan tersebut digagas oleh mahasiswa PPG Prajabatan FKIP Universitas Jember dan Kepala Sekolah SDN 02 Karangrejo Jember.

Acara yang meriah ini diikuti oleh dewan guru, DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), serta siswa-siswi kelas 5 dan 6. Acara dimulai pukul 07.30, diawali sambutan dari Ketua Panitia, Kepala Sekolah, DPL yaitu bapak Siswanto,S.Pd.,M.A. dan bapak Dr.Parto,M.Pd kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Setelah itu, perkenalan pemateri yakni Kak Kunny (Juara 1 Lomba Dongeng Nasional, Mahasiswi PG PAUD FKIP Unej) dan penyampaian materi mendongeng dengan judul “Sejarah Hari Pahlawan bersama Nusa dan Cemeng”. Siswa merasa sangat senang mengikuti kegiatan mendongeng karena dari kegiatan tersebut dia dapat mengetahui tentang sejarah terjadinya Hari Pahlawan, dapat menambah wawasan, dapat menpengetahuan serata mendapatkan motivasi.

IMG-20231117-WA0147

Setelah acara mendongeng selesai dilanjutkan dengan pemberian ice breaking dan pendalaman nilai-nilai budi pekerti yang terkandung dalam isi dongeng, siswa dipilih secara acak dengan metode kuis yang disertai doorprize kepada peserta didik yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Diselingi dengan hiburan menyanyi oleh siswa kelas 3A atas nama Sachi Aiko Shandy Calista dengan judul “Persahabatan”.

“Kami sangat berysukur kepada Allah Yang Esa, bahwa pada pagi hari ini bisa mengikuti kegiatan mendongeng dalam keadaan sehat wal afiat. Kegiatan mendongeng ini mengharapkan siswa supaya bisa menyimak dan memahami isi materi dongeng oleh Kak Kunny mengenai nilai-nilai budi pekerti dalam semangat Hari Pahlawan,” ujar Bu Ninik Kepsek SDN 02 Karangrejo Jember.

“Saya sangat senang berbagi dengan adik-adik, seru. Terima kasih banyak karena sudah diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk mendongeng. Dalam dongeng tersebut bercerita tentang sejarah hari pahlawan bersama Nusa dan Cimeng. Diharapkan siswa dapat mendengarkan sejarah hari pahlawan dengan seksama,” pungkas Kak Kunny.

Dengan adanya kegiatan ini, siswa diharapkan mengikuti acara mendongeng dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dengan baik dan tertib agar acara dapat berlangsung dengan lancar dan materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi semua orang termasuk guru dan siswa. Nampak senyum ceria terpancar dari adik-adik yang ikut kegiatan tersebut. Siswa tidak hanya terhibur, tetapi juga mendapat pengalaman dan pengetahuan tentang sejarah terjadinya Hari Pahlawan, dapat menambah wawasan, dapat menpengetahuan serata mendapatkan motivasi. Salam Literasi! (Miskawi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *