Desa Tampo ‘Hidupkan’ Gandrung Marsan

Desa Tampo ‘Hidupkan’ Gandrung Marsan
Dok Desa Tampo
Spread the love

Cluring-Pemerintah Desa Tampo akan punya gawe berbalut budaya bertajuk “Gandrung Obor”. Hajatan yang akan digelar 8 Agustus depan, ini hasil kerja bareng Pemerintah Desa Tampo dan Dinas Kesehatan. Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka untuk umum. Acara ini masuk dalam agenda Festival Padang Bulan.

Sekretaris Desa Tampo, Imam Rofi’i menjelaskan, Gandrung Obor ini terinspirasi dari sejarah tari Gandrung sendiri. Dimana, dari sejarahnya penari Gandrung pertama, Marsan, menjadikan tariannya untuk menarik perhatian masyarakat, termasuk penjajah Belanda. Tujuannya untuk mengorek rencana penjajah.

“Dari sejarahnya, tarian Gandrung Pak Marsan digelar di persawahan dengan memasang obor disekeliling area tempatnya menari. Masyarakat pun berdatangan, Belanda juga. Hingga akhirnya rahasia Belanda tersibak,” katanya memulai pembincaraan di kantornya, Selasa (1/8/2017).

Berangkat dari itu pula, imbuhnya, Pemerintah Desa Tampo ingin menghidupkan Gandrung dengan latar pencahayaan obor yang diberi nama Gandrung Obor. Namun acara ini sebenarnya adalah sosialisasi tentang bahaya Aids/HIV serta bahaya narkoba. Dikemas dengan atraksi budaya Banyuwangi yang berkembang di Desa Tampo, salah satunya Gandrung.

“Acara ini masuk dalam agenda Tampo Festivak dengan tema sub acara Festival Padang Bulan. Sebagai acara pembuka Gandrung Obor. Berikutnya akan disusul kesenian lainnya yang ada di Desa Tampo,” tambahnya.

Dia mengundang khalayak untuk datang dan menyaksikan Gandrung Obor yang bertempat di RTH Desa Tampo. Acara akan dimulai pukul 19.00 Wib pada 8 Agustus 2017. Acara dibuka dengan sambutan dari Pemerintah Desa Tampo dan langsung ditutup dengan doa.

“Selanjutnya pagelaran Gandrung Obor dimulai hingga selesai. Penari akan menari dengan dikelilingi obor yang menyala dan latar utamanya vidio kreatif Beautiful Tampo yang menjadi juara 1 lomba vidio krearif 2017,” pungkasnya. (Ron/JN).

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan