oleh

Trainees Movie Day Out

Spread the love

Kegiatan gathering yang dikhususkan untuk kebersamaan menyambut seluruh anak Trainee sudah menjadi rutinitas yang digelar Manajemen Hotel Double Tree By Hilton Surabaya setiap bulan pertama di awal memulai magang. Puncak dari kegiatan gathering yang sangat mengesankan dan ditunggu-tunggu peserta magang, yaitu keakrabannya yang bisa terkenang seumur hidup.

“Malam keakraban ini biasanya juga dikenal dengan sebutan Trainees Movie Day Out, “Pungkas Bapak Lintang Manager Human Resources Hotel tersebut.

Begitulah cara hotel ini menyambut supporting tim dari mahasiswa training di hotel yang telah menjadi bagian terbaiknya yang menjadi orang-orang pilihannya. Hotel Double Tree By Hilton Surabaya merupakan anak perusahaan dari Hilton Worldwide chain internasional  yang keberadaannya, yaitu di Kota Jakarta Pusat dan Kota Surabaya.

Kegiatan Trainees Movie Day Out diadakan pada tanggal 3-4 Juni 2021 bertempat di Studio Bioskop XXI Tunjungan Plaza 3 Surabaya. Seluruh Trainee wajib mengikuti kegiatan tersebut dengan didampingi oleh Bapak Lintang Selaku Manajer HR dan Bapak Gusti Nyoman Dimaz selaku Koordinator Trainees HR. Kegiatan terbagi dalam 2 sesi. Setiap sesi dilakukan dengan penerapan Protokol Kesehatan, yaitu sistem jaga jarak yang telah dilakukan oleh pihak manajemen XXI. Berikut ini adalah foto kegiatan Trainees Movie Day Out Sesi 1 tanggal 3 Juni 2021 yang dihadiri oleh beberapa Trainees dari berbagai departemen yang ada di hotel.

IMG-20210712-WA0005

Gambar 2. sesi pertama tanggal 3 Juni 2021. Sumber: Data Primer, 2021

Kegiatan yang tidak kalah menariknya adalah Trainees Movie Day Out sesi 2 dengan dihadiri dominan dari Prodi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang trainee menyebar di hampir semua Departemen yang ada di Hotel Double tree Surabaya tersebut. Berikut ini adalah foto kegiatan Trainees Movie Day Out Sesi 2 pada tanggal 4 Juni 2021 yang dihadiri oleh beberapa Trainees dari berbagai departemen yang ada di hotel.

IMG-20210712-WA0004
Gambar 3. Sesi Kedua tanggal 4 Juni 2021. Sumber: Data Primer, 2021

Kegiatan Trainees Movie Day Out menampilkan film terbaru berjudul Cruella produksi Walt Disney Pictures dengan alur cerita yang sangat menyenangkan dan tidak mudah ditebak. Namun demikian, sebelum film tersebut dimulai, diputarkan musik hymne hotel terlebih dahulu dan dilanjutkan film dokumenter asal-usul sejarah Hotel Double Tree by Hilton Surabaya hingga perkembangannya saat ini. Banyak cerita dari sini yang menginspirasi mahasiswa untuk termotivasi dalam membangun etos budaya kerja di hotel itu. Biasanya acara ini merupakan acara wajib untuk menanamkan rasa bangga terhadap hotel dimana mereka akan bekerja nantinya. Penanaman rasa bangga ini akan memupuk rasa solidaritas team work yang tinggi, willing to help atau extra care di antara mereka, jujur, terbuka mau belajar, dan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Mereka ditanamkan dalam satu kesatuan yang saling bekerja keras dalam sistem kerja untuk tujuan visi dan misi hotel. Dalam teknisnya mereka dibekali oleh SOP (Standard Operating Prosedur) dan pemahaman terhadap Job Description-nya masing-masing yang sebelumnya telah dilakukan pembagian penempatan di tempat trainee bertugas di seksinya masing-masing. SOP dan Job Description tersebut dibagikan pada saat itu untuk dibaca dan dipahami betul-betul oleh yang hadir saat itu dan diakhiri dengan seksi diskusi tanya jawab.

Adapun pelaksanaan event Trainee Movie Day Out ini tetap melakukan penerapan Protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh oleh petugas sebelum memasuki studio XXI dilanjutkan dengan penggunaan Handsanitizer. Ketika akan memasuki theater, masing-masing individu diarahkan petugas untuk merobek tiket sendiri yang nantinya dimasukkan ke dalam keranjang yang dibawa oleh Petugas Ticketing Theater. Tempat duduk yang ada di dalam theater juga menerapkan sistem jaga jarak karena setiap penonton terdapat jarak satu kursi kosong yang sengaja tidak diisi oleh penonton lainnya. dan selama menonton film di dalam theater wajib menggunakan masker. Yudi salah satu petugas XXI juga menegaskan bahwa standard setiap selesai pemutaran film dan begitu penonton keluar semua ruangannya pun langsung disemprot dengan desinfektan.

Acara Trainees Movie Day Out ini baru pertama kalinya. Berdasarkan hasil wawancara dengan panitia penyelenggara dari pihak hotel bahwa belum diketahui secara pasti apakah kegiatan Treinees Movie Day Out ini akan berlangsung setiap tahun ketika ada Trainees pengganti di Hotel Double Tree By Hilton Surabaya tergantung dari hasil evaluasi kegiatan ini nantinya. Yang pasti kegiatan ini sangat menyenangkan untuk diikuti karena belum tentu diterapkan oleh hotel lain yang ada di Kota Surabaya, serta akan memberikan kenangan yang baik terhadap masing-masing individu karena merupakan salah satu kegiatan yang sengat memberi kesan baik selama menjadi Trainee di Hotel Double Tree By Hilton Surabaya.

Magang atau biasa disebut dengan Trainee merupakan kegiatan kemitraan antara kampus dengan DUDI (Dunia Industri) dimana mahasiswa bisa mendalami pengetahuan dan praktik di kampus yang telah dilakukan selama ini dan sekarang bisa merasakan langsung untuk memperluas pengalaman tersebut di industri. Di sini, mahasiswa bisa lebih banyak berkembang melihat banyak fenomena lapangan yang dialaminya secara nyata di lapangan praktik bertemu langsung dengan tamu dan kolega kerjanya dari berbagai departemen dan dari berbagai daerah dengan budaya kerja yang berbeda. Proses magang ini juga menjadi salah satu syarat kelulusan bagi Mahasiswa/Mahasiswi Unair Fakultas Vokasi Program Studi Manajemen Perhotelan.

Penulis : Ni Made Dewi Aryani Pujayawanti