oleh

LEBARAN HAJI 1442 H PASAR SEPI PEMBELI

Spread the love

Sejumlah pasar tradisional di Banyuwangi-Jatim Sepi pengunjung paska Lebaran Haji 1442 H. atau Hari Raya Idul Adha, Pasar Blambangan yang di hari hari biasa sampai menjelang Lebaran Haji situasi pembeli tidak begitu ramai dan situasi ini berlangsung sampai paska Lebaran.

Sejumlah pasar Tradisional yang sepi pembeli di diantara nya Pasar Induk Banyuwangi, Pasar Subuhan Penataban, Pasar Reboan Ketapang dan Pasar Kalipuro juga tak ramai pengunjung.

IMG-20210723-WA0044

Padahal, semua pedagang mengatakan bahwa saat datangnya Hari Lebaran Haji biasa nya pasar ramai pembeli walau Pemerintah menerapkan PSPB seperti tahun lalu guna untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Para Pedagang sebenar nya merasa takut Jualan Saat Corona, tapi mereka butuh Uang untuk memenuhi kebutuhan hidup nya. Dari beberapa pasar tersebut, terpantau banyak pedagang dan pengunjung yang tidak mengenakan masker, padahal Petugas SATPOL PP selalu datang ke pasar guna menghimbau para pedagang dan pengunjung pasar wajib untuk mengenakan masker, dan pengunjung pasar terpantau tak menunjukkan adanya physical distancing di dalam pasar.

IMG-20210723-WA0046

Pedagang Sayur Pak Tayo dan Pak Teguh menuturkan “Pembeli pasar saat sebelum dan sesudah Lebaran Haji sepi pembeli, “ungkapnya.

Lainlagi menurut prediksi mbak Norex yang punya toko bahan kue dan mbak Sulandari yang buka lapak ayam potong menjelaskan “Biasanya paska lebaran Haji dipastikan dagangannya laku keras, tetapi beda dengan tahun ini ternyata situasi pasar sepi pembeli. keadaan ini di perparah lagi dengan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan malah diperpanjang sampai tanggal 25 Juli 2021, “tuturnya.

Para pedagang banyak yang mengeluh atas situasi pasar yang sepi pembeli, tetapi mereka pun juga berharap badai penyebaran Virus Covid-19 ini cepat berlalu dari bumi Blambangan ini pada khusus nya dan dunia pada umumnya.
(Hariyanto)