Rusunawa Senilai Rp 25 M di Banyuwangi Mangkrak?

Rusunawa Senilai Rp 25 M di Banyuwangi Mangkrak?
Rusunawa di Kelurahan Klatak, Kec. Kalipuro yang menghabiskan Rp 25 miliar pembangunannya. (Ito/JN)
Spread the love

Kalipuro-Proyek pengerjaan Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) di Kelurahan Klatak, telah rampung dikerjakan, beberapa bulan yang lalu. Pembangunan Rusunawa empat lantai dan empat blok dengan 200 kamar tipe 36 dan 45, itu menelan anggaran Rp 25 miliar. Namun belum juga digunakan hingga saat ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Banyuwangi, Ikrori Hudanto membenarkan bila Rusunawa itu belum bisa dibuka untuk masyarakat umum. Karena keseluruhan aset itu masih belum dihibahkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen UPR). Adapun tanah yang ditempati adalah aset milik Pemkab Banyuwangi.

“Pertama kita matangkan regulasi dulu agar tidak salah, karena rusunawa itu bangunannya milik pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian PUPR, tanahnya adalah aset pemerintah daerah,” jelasnya Rabu (23/8/2017).

Ikrori menambahkan, regulasi diperlukan karena akan menjadi landasan dalam pengelolaannya. Sebelum Rusunawa dibangun, pemerintah pusat telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi. Untuk pemanfaatan akan diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup).

Dia optimis, Rusunawa yang berdiri di lahan seluas 5 Ha, itu bisa dibuka untuk umum pada tahun ini juga. “Kita akan belajar teknis mengelola Rusunawa, karena bagaimanapun kita harus belajar,” pungkasnya. (Ito/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan