Dana Pilkades Serentak Belum Bisa Dicairkan

Dana Pilkades Serentak Belum Bisa Dicairkan
Ilustrasi Pilkades Serentak. (Internet)
Spread the love

Banyuwangi-Pilkades serentak di Banyuwangi sedianya akan digelar pada 8 November 2017. Tapi, tahapan Pilkades serentak yang digelar 51 desa ini, sudah mulai berjalan. Seteleh tahapan pembentukan panitia pilkades rampung, saat ini memasuki tahapan proses pemutakhiran data pemilih dimasing-masing desa.

Kepala Bagian Tata Kelola Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi AbdulAzis Hamidi menuturkan, panitia pilkades di 51 desa sudah terbentuk. Pembentukan panitia dilakukan pengurus Badan Pemusyawaratan Desa (BPD). Adapun pemutakhiran data pemilih ditiap desa dimulai pertengahan Juli 2017 kemarin.

“Hasil pemutakhiran data pemilih yang sudah valid, harus diserahkan kepada panitia Pilkades tingkat kabupaten. Karena data pemilih akan menjadi dasar Pemerintah Kabupaten untuk mencairkan anggaran Pilkades,” katanya kepada JurnalNews.com, Rabu (2/8/2017).

Anggaran Pilkades lanjut Aziz, bersumber dari APBD Banyuwangi dan Dana Desa (DD) yang ada di APBDes. Dia merinci, dana dari APBD Banyuwangi, diperuntukkan untuk pembayaran honor panitia Pilkades, KPPS di TPS yang ada di desa serta biaya kelengkapan TPS seperti kotak suara dan surat suara serta alat coblos.

Namun Azis enggan menjelaskan jumlah besaran honor panitia pilkades dengan dalih masih dalam proses pembahasan di perubahan APBD 2017 yang tengah dibahas di DPRD Banyuwangi. Sedangkan untuk kegiatan sosialisasi tingkat desa dan pengamanan Pilkades menggunakan anggaran yang bersumber dari APBdes.

“Saat ini panitia Pilkades Kabupaten terus memonitoring proses pemutakhiran data pemilih di masing masing desa,” imbuh mantan Camat Banyuwangi Kota, ini.

Dia juga berharap proses validasi jumlah pemilih ini bisa segera tuntas agar pelaksanaan tahapan Pilkades bisa berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan. Pemkab Banyuwangi telah menetapkan jadwal Pilkades di 51 desa ini pada 8 november 2017. Anggaran yang disiapkan dalam APBD Banyuwangi sebesar Rp 2,8 miliar.(Fir/JN)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan