Rebutan Tumpeng Ala Warga Desa Cluring

Rebutan Tumpeng Ala Warga Desa Cluring
Spread the love

Cluring – Acara bersih desa di Desa Cluring dikemas cukup meriah. Sejumlah peserta turut hadir memeriahkan acara yang diiringi dengan pawai budaya ini.

Salah satunya, sekolah luar biasa (SLB) di Desa Cluring. Mereka ikut memeriahkan dengan berbusana Bhineka Tunggal Ika dan ala BEC Banyuwangi Ethno Carnival.

Meriahnya acara tersebut, sempat membuat macet arus lalu lintas di jalan propinsi ini. Pasalnya, dalam arak-arakan budaya itu juga terdapat pawai gunungan yang di mulai dari Lapangan Trembelang menuju Lapangan Cluring.

“Meskipun jalan sedikit macet tapi acara ini cukup meriah apalagi didepan barisan gunungan ada beberapa sekolah yang ikut serta memeriahkan salah satunya Sekolah Luar Biasa (SLB),” terang Wanto salah satu warga.

Pawai Budaya berih desa di Desa Cluring

Pawai Budaya berih desa di Desa Cluring

Sementara Kepala Desa Cluring Sunarto mengatakan, ini bentuk wujud syukur masyarakat kepada Tuhan YME atas rejeki yang melimpah. Harapannya, agar dijauhkan dari segala balak.

“Sebenarnya hanyalah wujud rasa syukur masyarakat kepada tuhan karena selama satu tahun ini hasil pertanian cukup melimpah, dan dijauhkan dari segala balak,” terang Sunarto

Usai arak – arakan ini, gunungan yang berisi hasil pertanian itu kemudian di doakan. Acara berlanjut, dengan gerebek tumpeng yang diwarnai dengan berebut isi gunungan. Konon barang siapa yang dapat isi tumpeng bakal mendapat berkah. (ron/ito)

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan